Scuderia Ferrari Gagal Pertahankan Posisi Di Kandang, Digusur McLaren

Scuderia Ferrari Gagal Pertahankan Posisi di Kandang, Digusur McLaren

KabarOto.com – F1 Italia 2021 menjadi kemenangan besar bagi McLaren. Kedua pembalapnya berhasil mengambil tempat pertama dan kedua. Itu artinya poin besar sebanyak 44 poin akan ditambahkan ke dalam pundi-pundi poin McLaren di klasemen konstruktor.

Setelah dua pembalap teratas, Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) kecelakaan. Red Bull dan Mercedes hanya mengandalkan pembalap kedua mereka yakni Valtteri Bottas (Mercedes) dan Sergio Perez (Red Bull). Mercedes menambah 18 poin lewat Bottas usai P3 dan P1 sprint race, total 362,5 poin. Sementara Red Bull mendapat tambahan 12 poin setelah Perez finis P5 dan Verstappen P2 sprint race, total 344,5 poin di tempat kedua.

Baca Juga : Valtteri Bottas Terima Sodoran Kontrak Alfa Romeo Racing Orlen

Persaingan antara McLaren dan Scuderia Ferrari juga saling menyusul. Namun tentu bukan hal mengenakan bagi tim Kuda Jingkrak di kandang sendiri. Pasalnya berkat poin maksimal, McLaren naik ke posisi tiga klasemen konstruktor dengan total 215 poin. Sementara Ferrari tertinggal dengan 201,5 poin usai dua pembalapnya Charles Leclerc dan Carlos Sainz hanya finis P4 dan P6.

"Tidak banyak lagi yang bisa kami lakukan hari ini. Maksud saya setiap kesempatan yang ada, saya mencoba mengambilnya. Begitu Valtteri melewati saya, saya mencoba menyalipnya lagi. Dan berhasil tetapi mereka terlalu cepat," ujar Leclerc.

Bos Ferrari, Mattia Binotto mengatakan bahwa karakter mobil SF21 tidak cocok di Monza. "Hasil yang layak, yang mencerminkan apa yang bisa kami harapkan di trek yang jelas tidak sesuai dengan karakteristik mobil kami. Selamat kepada McLaren yang telah menang untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun, mereka kembali ke posisi ketiga tetapi masih ada jalan panjang musim ini dan kami akan melakukan yang terbaik untuk memperjuangkannya sampai akhir," tegasnya.

Alpine juga berhasil mempertahakan posisi kelimanya dari tambahan nilai lewat double poin pembalapnya Fernando Alonso dan Esteban Ocon sebanyak 5 poin, sehingga total 95 poin. Diikuti oleh AlphaTauri yang cukup sial di balapan akhir pekan kemarin, karena gagal finis dengan 84 poin.

Baca Juga : Max Verstappen Raih Kemenangan Di Kampung Halaman

Aston Martin Cognizant juga menambah poin dari Lance Stroll yang finis P7 dengan total 59 poin. Lalu tampil impresif, George Russel memberikan poin hiburan untuk Williams usai finis P9, membuat total tim asal Inggris itu jadi 22 poin. Sementara Alfa Romeo masih tetap 3 poin, serta Haas masih belum meraih satupun poin sepanjang musim ini.