POPULAR STORIES

Scuderia Ferrari Perkenalkan Corak Khusus Untuk F1 Miami 2024

Scuderia Ferrari Perkenalkan Corak Khusus untuk F1 Miami 2024 Foto: Formula 1

KabarOto.com - Scuderia Ferrari telah meluncurkan livery khusus mereka, menampilkan nuansa biru, yang akan menghiasi SF-24 di F1 Miami mendatang.

Perubahan desain yang terjadi satu kali ini menandai peringatan 70 tahun kehadiran Ferrari di Amerika Utara dan menampilkan dua warna biru bersejarah, yaitu Azzurro La Plata dan Azzurro Dino.

Ini juga akan menjadi balapan yang sangat istimewa, karena Scuderia Ferrari senang menyambut kedatangan mitra baru, yakni HP.

Baca Juga: Ferrari 296 GTB Makin Spektakuler, Setelah Mendapat Sentuhan Novitec

Charles Leclerc dan Carlos Sainz akan memasuki sirkuit Miami International Autodrome, Amerika Serikat, dalam desain tampilan baru dengan percikan warna yang digunakan pada sayap, penutup mesin, halo, kaca spion, nomor balapan dan, dengan mengacu pada masa lalu, pada pelek roda, seperti yang terjadi pada tahun 1960-an, dimulai dengan 158 F1 di mana John Surtees meraih gelar juara dunia di Amerika Utara, 60 tahun yang lalu.

Menurut Ferrari, corak khusus ini juga membangkitkan kenangan akan mobil single-seater dan sport yang dimasukkan oleh importir Ferrari Amerika, Luigi Chinetti, di bawah bendera N.A.R.T. (North American Racing Team).

Selain desain livery khusus, Leclerc dan Sainz, serta hampir seluruh anggota tim Ferrari, akan mengenakan seragam tim khusus, terutama di Azzurro La Plata dengan kilasan Azzurro Dino, termasuk baju balap, sepatu, sarung tangan dan helm. .

Warna biru muda Azzurro La Plata adalah warna balap resmi saat balapan di Argentina pada tahun 1950-an, mirip dengan warna yang dikenakan oleh pembalap legendaris Italia yakni Alberto Ascari, pada tahun-tahun tersuksesnya di lintasan balap. Juara dunia dua kali itu selalu mengenakan kaos dan helm dengan warna ini sebagai jimat keberuntungan.

Warna yang sama juga terlihat pada pakaian balap pembalap Ferrari pada tahun 1960-an, termasuk pakaian John Surtees, Lorenzo Bandini, Ludovico Scarfiotti, dan Chris Amon. Baju balap Niki Lauda pada tahun perdananya bersama Ferrari juga berwarna biru, begitu pula dengan kaos yang dikenakan tim Maranello.

Baca Juga: Mantan Desainer Ferrari Ciptakan Motor Futuristik, Ini Wujudnya

Azzurro Dino, warna biru lainnya yang dihidupkan kembali oleh Ferrari menjelang Miami, adalah warna lebih dalam yang juga disukai oleh sejumlah pembalap di masa lalu, dengan Clay Regazzoni yang terakhir memakainya pada tahun 1974.

“Grand Prix Miami mendatang akan menjadi salah satu kenangan dalam sejarah tim kami, karena di Florida, akan merayakan warisan kami melalui corak yang unik, menemukan kembali dua warna yang merupakan bagian dari sejarah kami,” pungkas Kepala tim Scuderia Ferrari, Fred Vasseur.