POPULAR STORIES

Sebagian Ruas Tol Manado - Bitung Siap Beroperasi

Sebagian Ruas Tol Manado - Bitung Siap Beroperasi

KabarOto.com - Jalan Tol Manado - Bitung untuk Ruas Manado - Danowudu sudah siap beroperasi. Jalan tol ini akan dioperasikan secara bertahap, dalam perencaan terdekat Ruas Manado - Danuwudu sepanjang 26,35 km sudah siap menjadi lalu lintas pengemudi.

"Total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km, terdiri dari 2 seksi. Dalam waktu dekat yang akan dioperasikan adalah Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km," ujar Direktur Utama PT JMB George I.M.P Manurung.

Tol Manado - Bitung terdiri dari dua seksi yaitu Seksi 1 Manado - Airmadidi dan Seksi 2 Airmadidi - Bitung. Nah, ruas yang akan dioperasikan merupakan keseluruhan seksi 1 dan sebagian seksi 2.

Baca Juga: Tol Pertama Di Sulawesi Utara Bakal Persingkat Waktu Manado-Bitung 30 Menit

Ruas Danowudu - Bitung yang memiliki panjang 12,65 km targetnya kontruksi akan selesai pada April 2021. Sampai saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai 77,61 persen serta pembebasan lahannya sudah 99,23 persen.

Jalan Tol Manado-Bitung nantinya akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Sementara tempat istirahatnya direncanakan akan dibangun 2 rest area yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

Baca Juga: Tol Solo - Yogyakarta - Kulonprogo Akan Segera Dibangun

Apabila sudah terhubung secara keseluruhan, jalan tol tersebut akan mempermudah akses menuju Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, dan mendukung kawasan strategis pariwisata nasional Manado - Bitung - Likupan.

"Diharapkan hal ini akan memacu daya saing investasi Provinsi Sulawesi Utara," tambah George.

Apabila Tol Manado - Bitung sudah beroperasi, Sobat KabarOto akan lebih mudah mengakses objek wisata seperti Rumah Alam Manado Adventure Park, Air Terjun Kima Atas, Hutan Mangrove Lembeh, Taman Nasional Tangkoko, Gunung Dua Saudara, dan lainnya.

Baca Juga: Masih Pembangunan, Ada Pengalihan Arus Kendaraan Di Tol Cipularang

Terkait keamanan dan kenyamanan pengguna, Jasamarga akan melengkapinya dengan dua unit Patroli Jalan Raya (PJR), tiga unit Mobile Customer Service (MCS), satu unit Rescue, satu unit Ambulance serta tiga unit Derek.

"Jalan Tol Manado-Bitung akan dilengkapi dengan lima simpang susun dan dua belas jembatan. Kami juga siap mengoperasikan pelayanan lalu lintas lainnya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," tutup George.