POPULAR STORIES

Sebelum Beli, Ketahui Jenis-Jenis Helm

Sebelum Beli, Ketahui Jenis-Jenis Helm Helm Full Face

KabarOto.com - Berkendara sepeda motor wajib menggunakan helm. Helm berfungsi melindungi kepala jika terjadi kecelakaan. Helm yang digunakan juga disarankan sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma Robby menjelaskan, helm adalah salah satu fitur keselamatan penting saat mengendarai sepeda motor.

Baca Juga: Helm Airbrush Perlu Perawatan Lebih, Ini Caranya Sob!

Walaupun kita berkendara dengan jarak yang dekat wajib menggunakan Helm. Pengendara juga perlu memahami jenis-jenis helm dan fungsinya yang aman serta nyaman saat berkendara ke manapun, berikut adalah jenis-jenisnya:

1. Helm Full Face

Ini helm yang paling aman digunakan, karen benar-benar melindungi bagian otak belakang, rahang, dan bagian wajah kita apabila terjadi kecelakaan.

Helm Open Face

2. Helm Open Face

Helm jenis ini melindungi otak bagian belakang dan rahang. Helm open face biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari, saat mengendarai sepeda motor atau dalam mobilitas jarak yang pendek.

“Tidak disarankan menggunakan helm ini ketika berkendara jarak jauh," terang Ludy. Apalagi menurut dia tidak diperkenankan menggunakan helm ini saat mengendarai moge.

3. Helm Offroad

Helm ini keamanannya sama seperti menggunakan helm full face, namun peruntukannya adalah digunakan ketika akan masuk ke jalur offroad.

Helm Off-road

Terlebih helm ini biasanya digunakan saat mengendarai motor trail untuk balapan motocross atau kegiatan adventure ke gunung.

Helm jenis offroad memberikan proteksi lebih, bukan sekadar untuk melindungi bagian kepala, namun juga bagian dagu.

Baca Juga: Begini Cara RSV Helmet Bertahan Selama Pandemik Covid-19

Maksudnya untuk melindungi pengendara dari kemungkinan cedera akibat kecelakaan ekstrem di jalur offroad. Sementara bagian topi helm berfungsi untuk menahan cipratan tanah dari ban belakang motor pengendara offroad lainnya.