Segera Kurangi Inden, Daihatsu Genjot Produksi

Segera Kurangi Inden, Daihatsu Genjot Produksi

KabarOto.com - PPKM Darurat sudah dilonggarkan, otomotif menjadi sektor menjadi salah satu yang terdampak, karena pembatasan produksi untuk mengikuti aturan pemerintah yang membatasi aktivitas di pabrik.

Kini, produktivitas akan kembali digenjot, seluruh pabrik otomotif mulai memenuhi permintaan pemesanan yang beberapa bulan terakhir harus membuat konsumen menunggu mobil barunya tiba di rumah.

Baca juga: Pameran Virtual, Cara Jualan Daihatsu Di Tengah Pandemik Covid-19

Astra Daihatsu Motor (ADM) salah satu pabrikan terbesar di Indonesia mengaku akan menyiapkan segalanya, di antaranya akan menjalankan 2 shift, di mana tadinya hanya 1 shift untuk produksi.

Mereka juga bekerja tidak sendirian, ada suplier suku cadang yang juga harus disiapkan agar bisa berlari lagi memenuhi inden konsumen. "Kami ada 250 suplier yang mendukung produksi, sebagain besar ada di Indonesia, tapi ada yang dari luar," terang Amelia Tjandra, Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor.

Dia menyatakan siap berlari, namun ada beberapa suplier yang terganggu akibat Pandemik Covid-19. "Kita sudah siap banget, mengurangi inden tapi kembali lagi tergantung di suplier ya, karena produk otomotif itu bergantung pada suku cadang dari suplier ini," terang Amel dalam diskusi virtual, Jum'at (20/08/2021).

Baca juga: Jualan Daihatsu Masih Ditopang Gran Max, Berkontribusi 27,8 Persen

Dia memberi contoh, suplier yang ada di Malaysia, terkendala karena di negeri itu lockdown. Dampaknya ke Daihatsu dan merek lainnya juga.

Amel mengakui, saat PPKM kemarin mengikuti anjuran pemerintah, produksi sangat menurun, terutama untuk kendaraan yang mendapat relaksasi PPnBM. Ini menjadikan antrian atau inden kendaraan yang meningkat.

Beberapa produk yang inden cukup lama di antaranya Daihatsu Terios sekitar 4 hingga 5 bulan.

"Xenia juga panjang banget, tapi bulan ini karena produksi sudah dua shift supply ada perbaikan," tambahnya. Dia pun berharap di bulan ini ada perbaikan, sehingga inden konsumen bisa terdelivery dengan baik ke konsumen.