POPULAR STORIES

Segini Biaya Mengisi Baterai SM Sport E Classic

Segini Biaya Mengisi Baterai SM Sport E Classic Kipli

KabarOto.com - Pabrikan motor asal Malaysia akhirnya memberanikan diri untuk bertempur di segmen kendaraan listrik.

SM Sport E-Classic jadi produk perdana mereka bermain di motor listrik. Bentuknya sekilas mirip dengan Honda Super Cub, hanya saja sudah tidak menggunakan penggerak mesin konvensional melainkan elektrik sepenuhnya.

Menurut data dari MForce Indonesia, selaku distributor tunggal produk SM Sport di Tanah Air, tenaga penggeraknya dibekali motor listrik 1.500 W. Ditenagai baterai model Lead Acid dengan spesifikasi 60V 27 Ah.

Pengisian baterai hingga penuh diklaim tidak sampai 8 jam, bisa dilepas, sehingga pengecasan langsung dikoneksikan ke port pada motor.

Baca Juga: Profil Dan Impresi Berkendara SM Sport E-Classic

SM Sport E-Classic mampu menjangkau jarak hingga 120 km dalam kondisi baterai terisi penuh, sedangkan kecepatan tertinggi mencapai 50 kpj.

Saatnya KabarOto buktikan sendiri dengan metode pengecasan home charging, atau mengandalkan charger rumah di kantor KabarOto.

Total indikator daya listrik pada panel spidometer ada 4 balok (bar), paling kiri menunjukkan daya yang paling lemah, dan paling kanan menunjukkan indikator daya terisi penuh.

Baca Juga: Black Stone Cargo Airline Resmi Gandeng Prestige Gunakan Transportasi Udara EHang 216

Kami mencoba melakukan pengisian daya saat sudah 'sekarat' dengan tanda indikator balok paling kiri atau berwarna merah sudah berkedip-kedip.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kurang lebih 210 menit atau 3 jam 30 menit dengan tarif listrik standar Rp 1.500 per kWh.

Jika tarif tersebut diakumulasikan dengan daya dari E-Classic, maka hitungannya adalah 1,62 kWh yang dihasilkan dari motor, dikali total durasi charging yakni 3,5 jam.

Hasilnya adalah 5,67 kWh dikali tarif standar listrik di area tersebut, yakni Rp 1.500. Hasilnya kurang lebih adalah Rp 8.505.