POPULAR STORIES

Segini Kecepatan Ideal Dan Jarak Pengereman Aman Berkendara Saat Hujan

Segini Kecepatan Ideal dan Jarak Pengereman Aman Berkendara Saat Hujan

KabarOto.com – Musim hujan sudah mulai datang, intensitas hujan yang tidak dapat diprediksi menuntut kita sebagai pengendara harus semakin hati-hati dijalan, terutama jalan tol. Agar selalu aman dijalan, kita pun wajib memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalan.

Pengecekkan sederhana saja seperti mengecek ketebalan ban, cahaya lampu, rem, kondisi wiper dan sebagainya. Namun jika semua sudah siap, kebiasaan kita juga harus menjaga kecepatan dan jarak aman dikala kondisi jalanan basah dan licin. Lalu berapa sih kecepatan ideal dan jarak aman yang dianjurkan? Ini penjelasannya.

Baca juga: Takut Pandangan Tak Jelas Saat Hujan? Pakai Rain Repellent

Menurut kutipan yang KabarOto ambil dari website resmi Mitsubishi, Rifat Sungkar, selaku Brand Ambassador Mitsubishi Motors dan Owner Rifat Drive Labs, mengatakan kecepatan paling ideal berkendara saat jalanan hujan minimal 30 kpj, sementara paling maksimal 60 kpj, “Kecepatan maksimum kalau hujan deras itu paling aman di 50 sampai 60 kpj, kondisinya di jalan tol dengan visibilitas yang buruk akibat hujan deras ya,” ujarnya.

Tidak hanya kecepatan yang perlu dijaga, namun jarak pengereman pun tidak kalah penting, Jarak aman pengereman yang ideal saat kondisi normal adalah 3 detik, sementara ketika hujan turun maka jarak aman tersebut meningkat menjadi 4-5 detik, tergantung dengan kondisinya.

Baca juga : Berkendara Saat Hujan Deras, Ini Cara Amannya!

“Untuk jarak aman saat kondisi jalan licin akibat hujan, harus sekitar 4 sampai 5 detik. Kalau pas jalanan kering itu kan sekitar 3 detik ya. Tapi ini tidak bisa dihitung dengan ukuran berapa meter, karena tergantung pada kecepatan mobil itu sendiri. Maka itu, agar tetap aman saat hujan sebaiknya diberi jarak yang lebih jauh,” bebernya.