Berkendara Saat Hujan Deras, Ini Cara Amannya!

Berkendara Saat Hujan Deras, Ini Cara Amannya!

KabarOto.com - Memasuki musim penghujan, tentu menjadi kewaspadaan para pengendara ketika melajukan mobilnya, selain dari menyiapkan kendaraannya. Saat hujan deras, tak bisa ditebak apakah itu kubangan atau tikungan tajam. Kecepatan mobil melaju harus direduksi.

Berkomunikasi melalui pesan singkat dengan Sony Susmana Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Jumat lalu, (18/12). Bahwa pada musim penghujan sangat berpotensi terjadinya kecelakaan, meskipun itu sudah diwaspadai oleh pengendara.

Baca juga: Cara Hadapi Curah Hujan Tinggi Ketika Berkendara

Kondisi hujan yang deras dan permukaan jalan tergenang berakibat pengendara kehilangan konsentrasi dan kemampuan cengkeraman ban juga kian minim akibat adanya aquaplanning. Dirinya menjelaskan pentingnya di kendaraan adanya ABS, EBD, BA dan ESC.

“Saat berkendara lalui cuaca buruk, ingat kendali kendaraan 100% ada pada pengemudinya, pastikan siap berkendara dan kuasai fitur dari kendaraan,” ujar Sony.

Dirinya menambahkan mengemudi membutuhkan strategi dan jurus dalam mengantisipasi kondisi cuaca buruk, “Namanya Anticipation Driving, dan ini mutlak harus dimiliki seorang pengemudi.”

Pria berkacamata ini menegaskan bahwa saat hujan, meski mobil yang Sobat KabarOto kendarai punya fitur canggih dan bah khusus penghujan, tetap saja harus memerhatikan kendaraan di sekitar. Karena kemungkinan pembuangan air ban yang terempas saat kita lalui, justru bisa membahayakan kendaraan lain.

Minimnya pandangan saat hujan deras juga berdampak pada pengendalian kendaraan, terutama saat menikung. Terkadang, terlalu percaya diri membuat ban kehilangan cengkeraman. Nah, di sini Sony membeberkan dua penyebab ban slip.



“Corner slip, terjadi akibat ketidak mampuan pengemudi dalam menguasai kendaraannya pada kecepatan tinggi atau overspeed di sebuah tikungan. Dan Braking slip, akibat gaya mengemudi agresif sehingga melakukan pengereman secara keras,” jelasnya.

Dirinya menyarankan Sobat KabarOto ketika juga berkendara sewajarnya saja. “Pembalap kawakan sekalipun pernah gagal saat kondisi hujan.”

Baca juga: Selamat di Musim Hujan, Pakai Ban Tipe Directional

Saat memilih kendaraan, boleh saja memilih kendaraan dengan bujet terbatas. Tapi harus perhatikan pula fitur yang disematkan. “Cek fitur keselamatan sebagai penunjang kestabilan di kendaraan seperti ABS, EBD, BA, ESC & Camera 360 dan lain sebagainya. Tidak hanya terpasang tapi berfungsi normal.”

Nah, bila melihat fitur tersebut, Sobat KabarOto pasti sudah terbayang kendaraannya di angka Rp 400 jutaan ke atas. Tak perlu melirik kendaraan kelas Eropa ataupun Jepang. Karena salah satu dari Negeri Tirai Bambu punya fitur tersebut, Wuling Almaz.

Versi termahal Wuling Almaz Exclusive hanya Rp 341,8 juta (on the road Jakarta). Dibekali mesin 1.500 cc turbocharger, bertenaga 140 dk dan torsinya 250 Nm. Diyakini cukup bergegas menggerakkan Sport Utility Vehicle (SUV) ini dan memberikan ketenangan untuk 7 penumpang selama perjalanan saat kondisi hujan.