POPULAR STORIES

Mudik Dengan Mobil Saat Puasa, Jangan Lupakan 3 Hal Ini

Mudik dengan Mobil Saat Puasa, Jangan Lupakan 3 Hal Ini Tips berkendara saat puasa

KabarOto.com - Melakukan mudik dengan mobil menjadi pilihan sebagaian masyarakat Tanah Air karena memiliki beragam keunggulan. Berkendara jauh saat puasa membuat pengendara perlu memperhatikan beberapa hal, termasuk persiapan sebelum melakukan perjalanan.

Melihat hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana memberikan tips berkendara aman saat puasa.

Baca Juga : Buka Pemesanan Tiket Mudik Lebaran 2024, Damri Sebut Siap Hadapi Lonjakan Penumpang

"Kunci dari berkendara saat puasa adalah mempersiapkan kondisi fisik dan mental agar tetap prima dan fokus. Karena konon katanya badan drop saat puasa. Nah, ada 3 point penting untuk menjaga stamina saat berkendara diwaktu puasa," katanya kepada KabarOto.

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah mengatur irama tidur yang berkualitas. Pengendara perlu menjaga kondisi fisik dan tahu kapan waktunya untuk melakukan istirahat ketika melakukan perjalanan jauh, khususnya ke luar kota.

"Jangan ragu untuk berhenti dan melakukan istirahat berkala jika sedang melakukan perjalanan jauh," ujar Sony.

Baca Juga : Jelang Mudik Libur Nataru, Korlantas Siap Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Di Tiga Titik

Kedua, pengendara perlu memperhatikan asupan makan dan minuman yang netral serta sehat. Hal ini akan membantu metabolisme tubuh agar lebih baik ketika melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor.

"Terakhir, atur jadwal perjalan supaya relax, pikiran positif dan terhindar dari aktifitas yang terburu buru. Jangan memaksakan berkendara jika fokus mulai turun. Segera ke rest area atau cari tempat untuk melakukan perenggangan dan perangsangan organ tubuh," pungkas Sony.