POPULAR STORIES

Segmen Kendaraan Komersial Indonesia Potensial, Lebih Tinggi Dari Thailand

Segmen Kendaraan Komersial Indonesia Potensial, Lebih Tinggi dari Thailand Ilustrasi pelaku bisnis segmen kendaraan komersial (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita meminta penjualan segmen kendaraan komersial dan niaga terus ditingkatkan. Tujuannya, untuk mendukung dan mempertahankan sektor ini yang lebih tinggi dibandingkan Thailand.

"Perhatian bagi prinsipal. Dilatarbelakangi oleh program hilirisasi yang perlu dukungan ketersediaan kendaraan niaga sektor pertambangan dan mineral," ungkap Agus pada opening ceremony GIICOMVEC 2024 di JCC Senayan, Jum'at (08/03/2024).

Baca Juga: Ragam Produk Isuzu Penuhi Kebutuhan Transportasi Hadir di GIICOMVEC 2024

Agus Gumiwang Kartasasmita saat opening ceremony GIICOMVEC 2024

Pentingnya Segmen Kendaraan Komersial di Indonesia

Agus mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi di sektor logistik dan transportasi darat akan mengalami pertumbuhan. Sedangkan kendaraan niaga juga memiliki peran penting.

"Pemerintah menyampaikan apresiasi kepada pelaku industri, yang terus mendukung upaya penurunan emisi CO2, baik dalam transisi Euro4, penggunaan B35, serta program percepatan peningkatan ekosistem elektrifikasi kendaraan bermotor," jelas Agus.

Baca Juga: Ragam Produk Isuzu Penuhi Kebutuhan Transportasi Hadir di GIICOMVEC 2024

Peralihan Kendaraan Niaga Ramah Lingkungan

Terkait peralihan penggunaan kendaraan ramah lingkungan yang terus didorong oleh pemerintah, dengan berbagai kemajuan teknologi, sehingga sektor otomotif bisa mendukung target carbon neutral pada 2060 untuk di Indonesia, dan pada 2050 sebagai target dari Kementerian Perindustrian.

"Untuk dukung ramah lingkungan ada banyak cara. Di Kemenperin, Gaikindo misanya, kalau kita hitung seberapa besar kontribusi teknologi hybrid, dalam mendukung pengurangan CO2, sudah punya hitungannya dan cukup besar," pungkas Agus.