POPULAR STORIES

Sejak 1931 Hingga Kini Daihatsu Sudah Produksi 30 Juta Unit, Ini Kendaraan Pertamanya

Sejak 1931 Hingga Kini Daihatsu Sudah Produksi 30 Juta Unit, Ini Kendaraan Pertamanya Daihatsu Vesta, kendaraan roda empat pertama Daihatsu

KabarOto.com - Sejak beberapa tahun lalu produksi kendaraan sudah dilakukan. Sebab itu, kini sudah banyak alat transportasi yang berkeliaran di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Ternyata Daihatsu sudah melakukan bisnis produksi kendaraan pertamanya sejak 1931.

Pada saat itu Daihatsy meluncurkan kendaraan roda tiga dengan kapasitas mesin 500 cc. Walau begitu, merek asal Jepang ini sebenarnya sudah berdiri sejak 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo Co., Ltd. Awalnya mereka memproduksi mesin domestik dengan pembakaran internal sebagaii bentuk kerja sama anatar dunia industri dengan akademisi.

Baca Juga: Ubahan Sederhana Ini Jadi Target Daihatsu Ayla Kejar Milenial

Kendaraan tiga roda pertama Daihatsu

Setelah perang dunia kedua, Daihatsu kembali meluncurkan kendaraan. Masih dengan roda tiganya yang berjenis truk mini. Kendaraan ini diluncurkan pada 1957, dikenal sebagai Daihatsu Midget. Tapi kalau di Indonesia lebih akrab dipanggil Bemo.

Kerennya, Daihatsu Miget pernah menjadi kendaraan operasional Asian Games ke-4 pada 1962 di Indonesia. Pada 1958 Daihatsu secara perdana meluncurkan kendaraan roda empat yang disebut Daihatsu Vesta. Disusul pada 1960 ada Daihatsu Hijet sebagai kendaraan komersilnya.

Baca Juga: Lebih Canggih, Ini 5 Perubahan Daihatsu Thor

Daihatsu Midget atau Bemo

Selanjutnya pada 1977 Daihatsu meluncurkan Charade dan pada 1980 menyusul Daihatsu Mira. Saat ini, Daihatsu masih fokus meluncurkan mobil-mobil kecil dengan tetap menerapkan konsep Simple, Slim, Compact (SSC). Sejak 2019, merek asal Jepang ini menerapkan platform baru berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Terhitung sejak kali pertama Daihatsu Motor Co., Ltd memproduksi kendaraan hingga September 2020, secara kumulatif sudah 30 juta unit dipasarkan. Ini termasuk unit ekspor baik dalam bentuk CBU (Completely Built Up) maupun CKD (Completely Knock Down).