POPULAR STORIES

Sejarah 16 Tahun Toyota Fortuner Di Indonesia

Sejarah 16 Tahun Toyota Fortuner di Indonesia Toyota Forturner GR Spot (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Toyota Fortuner pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2005 di pameran Jakarta International Motor Show. Sebelumnya, SUV ini hadir terlebih dahulu di Thailand pada Desember 2004.

Pada bulan Agustus 2007, Toyota Fortuner mulai dipasarkan di Indonesia dengan menggunakan mesin diesel berkode 2KD-FTV 2.500 cc D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Menggunakan teknologi baru sistem Common Rail, mesin diesel ini identik dengan mesin Toyota Kijang Innova versi diesel. Pada awalnya varian diesel ini hanya diproduksi dalam bentuk manual, tetapi pada tahun 2009 telah diluncurkan diesel bertransmisi otomatis.

Selain itu, Toyota Fortuner dibangun menggunakan platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle), atau gabungan dari DNA HiLux dan Kijang Innova. Awalnya SUV tersebut hadir dalam bentuk impor utuh atau CBU. Kemudian karena tinggi peminat, maka mulai diproduksi di Indonesia.

Baca Juga : Sapphire, Body Kit Untuk Toyota Innova Dan Fortuner Asal Surabaya Siap Dipinang


Generasi pertama Toyota Fortuner tahun 2005

Awal mula kehadirannya di Indonesia, Toyota Fortuner berstatus kendaraan rakitan dari Thailand. Generasi pertama ini dibekali mesin bensin 2TR-FE dengan pilihan 2.7 G dan 2.7 V bertenaga 161 dk, plus dibekali dengan penggerak 4x4.

Seiring berjalannya waktu, Toyota Fortuner mulai banyak dilirik oleh konsumen di Indonesia, hasilnya SUV ini mulai dirakit di Indonesia pada tahun 2007. Dan, sudah mengandung kandungan lokal sebanyak 40 persen.

Sebagai informasi saja, pada tahun 2021 kemarin Toyota Fortuner sudah memiliki kandungan lokal sebanyak 70%, dan menjadi salah satu produk yang menikmati diskon PPnBM dari Pemerintah Indonesia.

Kembali pada tahun 2007, Toyota Fortuner memiliki varian mesin diesel dengan kode 2KD-FTV berkapasitas 2.500 cc D-4D Turbo Common-rail Injection yang didatangkan dari Thailand. Saat itu, hanya ada pilihan transmisi manual.

Toyota Fortuner bertransmisi otomatis tahun 2009

Memasuki tahun ini, keberadaan SUV ini semakin diperhitungkan oleh konsumen di Indonesia. Pada saat itu, Toyota sendiri menambahkan transmisi otomatis untuk varian mesin diesel. Sedangkan, varian mesin bensin diperkuat kandungan lokalnya.

Toyota Fortuner bermesin diesel tetap didatangkan dari Thailand. Mengingat, Negeri Gajah Putih dipilih untuk pengembangan mesin diesel Toyota untuk wilayah Asia.

Baca Juga : Toyota Fortuner GR Sport Versi Thailand Lebih Keren?

Kehadiran Toyota Fortuner VNT tahun 2012

Setelah tujuh tahun hadir di Indonesia, kabar kehadiran generasi kedua Toyota Fortuner mulai terdengar. Sayangnya, pada tahun 2012, Toyota hanya melakukan penyegaran pada SUV ini. Sebagai penghibur, varian mesin diesel sudah dilengkapi turbocharger.


Mesin diesel inii menggunakan geometry turbin bervariasi atau Variable Geometry Turbocharger (VNT). Hasilnya, performa diklaim lebih bertenaga, serta menghasilkan tenaga 140 dk dan torsi 343 Nm. Tampilan eksteriornya pun tampak lebih gagah, karena adanya kap mesin menggunakan kisi-kisi udara.

Generasi kedua Toyota Fortuner hadir tahun 2016

Generasi kedua Toyota Fortuner yang lama ditunggu, akhirnya hadir di tahun 2016. Secara tampilan, SUV ini tampil sangat berbeda dibandingkan generasi pertamanya. ubahan paling mencolok ada di bagian depan tepatnya pada lampu utama yang lebih sipit, fog lamp, dan gril.

Sektor interior dan mesin juga mengalami perubahan signifikan. Dimensinya juga ikut beda, lebih panjang 100 mm, lebih lebar 15 mm, dan 15 mm lebih rendah. Sedangkan jarak sumbunya lebih pendek 5 mm.

Penggunaan material intriornya meningkat signifikan. Jok kulit dengan aksen jahitan yang tampak rumit. Cluster kontrol yang dilengkapi dengan layar besar. Selain itu, Fiturnya pun semakin canggih. Sebut saja electronic balance, emergancy braking force distribution, supprt for steep departure, downhill, rear differential lock dan dirive selection mode.

Baca Juga : Akibat PPnBM, Toyota Fortuner Dan Kijang Innova Makin Laris

Soal performa, Toyota Fortuner menggunakan mesin diesel berkapasitas lebih kecil, yakni 2.400 cc dilengkapi turbo bertenaga 147 dk dan torsi 400 Nm.

Sedangkan, mesin bensinnya berkubikasi 2.700 cc yang mampu menghasilkan tenaga 161 dk dan torsi 242 Nm. Kedua opsi mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan.

Toyota Fortuner facelift tahun 2020

Pada tahun 2020, Toyota Fortuner yang dipasarkan di Thailand mendapatkan penyegaran produk dengan untuk tipe Standard dan Legender sebagai varian tertinggi. Sedangkan, di versi facelift ini hadir di akhir tahun 2020, bedanya tidak ada varian Legender.

Toyota Fortuner varian tertinggi untuk pasar Indonesia berlabel TRD Sportivo. Tampilannya dibuat lebih gagah dan diperkuat dengan penambahan beberapa fitur. Di mana, fascia depan menggunakan gril dan garnis lampu LED yang lebih besar, peleknya juga memperkuat kesan tangguh.

Masuk ke dalam kabin, terdapat panel instrumen berukuran 4,2 inci dilengkapi opening animasi baru, wireless charger, head unit layar sentuh 9 inci dengan fasilitas NFC untuk mengecek saldo e-money.

Toyota Fortuner ini juga dapat Surround Monitor yang bisa mengetahui gambar real time sekeliling mobil. Alhasil ketika parkir atau melaju di gang sempit, lebih mudah. Fitur keselamatan semakin lengkap dengan Blind Spot Detection (BSD), Lane Departure Warning (LDW), Moving Object Detection (MOD) , dan Headway Monitoring Warning (HMW).

Toyota Forturner GR Spot hadir pada tahun 2021. Varian ini untuk menggantikan posisi varian TRD Sportivo sebagai tipe tertinggi. Label GR Sport juga tersemat pada line up produk Toyota yang dipasarkan di Indonesia.