POPULAR STORIES

Sejarah Kehadiran Piaggio Group Di Kawasan Asia Pasifik

Sejarah Kehadiran Piaggio Group di Kawasan Asia Pasifik Sejarah Kehadiran Piaggio Group di Kawasan Asia Pasifik (Piaggio)

KabarOto.com - Didirikan pada tahun 1884, Piaggio Group adalah produsen kendaraan roda dua terbesar di Eropa dan salah satu pemimpin dalam industri ini di dunia.

Kini, Piaggio Group memiliki 3 cabang bisnis terpisah, kendaraan roda dua, mulai dari 50 cc hingga 1.100 cc, dengan total pengiriman 516.200 kendaraan pada tahun 2022. Merek Piaggio Group tersebut meliputi Vespa, Piaggio, Aprilia, Moto Guzzi, Gilera, dan Derbi.

Adapun kendaraan komersial ringan, dengan hadirnya Ape dan Porter. Pada tahun 2022, Piaggio Group menjual sekitar 103.900 kendaraan komersial ringan di seluruh dunia. Pada tahun 2021, Piaggio Commercial meluncurkan Porter NP6, rangkaian baru kendaraan komersial ringan (diproduksi di Italia).

Baca Juga: Pecinta Vespa Digandeng Piaggio Indonesia Untuk Jajal Performa Seri GTS

Selanjutnya, mereka pun memiliki divisi robotika dengan Piaggio Fast Forward, pusat penelitian mobilitas masa depan milik Piaggio Group di Boston, Amerika Serikat.

Piaggio memiliki hubungan yang kuat dengan kawasan Asia Pasifik (APAC) sejak diperkenalkannya kendaraan roda dua ikonik Vespa di wilayah Asia era 1950-an. Dalam sebuah perjalanan ini, Piaggio telah melalui berbagai tonggak sejarah penting:

  • 2009: Upacara pembukaan pabrik kendaraan di Vinh Phuc, Vietnam

  • 2010: Vietnam menjadi kantor pusat regional Asia Pasifik

  • 2012: Pabrik mesin baru di Vinh Phuc, Vietnam

  • 2015: Vespa Sprint 125 ke-500.000 diproduksi di pabrik Vietnam

  • 2022: Pabrik produksi baru di Jakarta, Indonesia

Baca Juga: Rp20 Jutaan, Piaggio Indonesia Belum Tertarik Bawa Vespa Dual Ke Tanah Air

Selain itu, Piaggio meraih penghargaan, yang semakin memperkuat hubungannya dengan budaya APAC yang dinamis. Piaggio telah membangun landasan yang kuat di pasar APAC, dengan hadirnya jaringan diler yang luas, seperti di Vietnam, Korea, Malaysia, Taiwan, Thailand, Indonesia, Filipina, Jepang, Singapura, Hong Kong, Australia, dan Selandia Baru.

Perusahaan mengoperasikan 3 pabrik produksi dan satu pusat penelitian dan pengembangan (R&D), seperti pabrik produksi di Vinh Phuc, Vietnam (sepeda motor dan mesin), dan satu di Jakarta, Indonesia. Adapun pusat penelitian dan pengembangan (R&D) di Vinh Phuc, Vietnam.