POPULAR STORIES

Sejarah Liberty Walk, Body Kit Asal Jepang Mengubah Dunia Modifikasi

Sejarah Liberty Walk, Body Kit Asal Jepang Mengubah Dunia Modifikasi Ferrari F40 garapan Liberty Walk (Foto : KabarOto & Liberty Walk)

KabarOto.com - Jika kalian suka otomotif, khususnya dunia modifikasi, pastinya familiar dengan nama Liberty Walk atau LBWK. Sejenis seperti RWB, Rocket Bunny, dan sebagainya, body kit ini jadi salah satu yang mengubah gaya modifikasi dunia.

Orang yang berperan dalam kebangkitan Liberty Walk ini adalah Wataru Kato. Liberty Walk atau kebanyakan ditempel stiker kaca depan LB performance, awalnya merupakan bengkel modifikasi di Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1993.

Sosok Wataru Kato sang pencipta LBWK.

Baca Juga : Rauh Welt Begriff, Memodifikasi Porsche Menjadi Mobil Paling Ikonik

Kato-san mendirikan Liberty walk saat umurnya 26 tahun, dan saat itu kapasitas bengkel sangat terbatas hanya 3 mobil saja. Seiring berjalannya waktu, Liberty Walk mulai berkembang menjadi bengkel modifikasi bodykit karena punya ciri khas tersendiri dan gaya yang berani, dengan gender lebar, lekukan agresif serta sayap besar jadi identitas utama LBWK.

LBWK pertama yakni Lamborghini Murcielago.

Berawal dari tahun 2008, mobil pertama garapan LB Performance langsung Lamborghini Murcielago milik teman dari Wataru Kato. Setelah itu, mobil tersebut dipamerkan lewat SEMA Show pada tahun 2009, yang jadi awal debut LB Performance di dunia. Respon positif dari para pengunjung, namun sayangnya dari sisi penjualannya kurang memuaskan.

Baru pada tahun 2012, LB Performance mulai mengenalkan model over fender ciri khasnya sampai sekarang. Mengorbankan fender asli mobil berharga miliaran dipotong, membuat modifikator lain kagum dengan keberanian Liberty Walk memberontak dari modifikasi zona nyaman.

Salah satu Mazda RX-7 LBWK di Indonesia.

Setelah itu body kit ini hadir lagi dalam ajang SEMA Show dan Tokyo Auto Salon tahun 2013, dengan memamerkan Nissan GT-R dan Ferrari 458 Italy yang sudah dimodifikasi sesuai gaya LB Performance, dari sini mulai body kit ini mulai dikenal dunia, dan menarik perhatian para pemilik supercar untuk menerapkan body kit tersebut.

Baca Juga : 2 Body Kit Gaya Lawas Suzuki Jimny Dari Damd

Visi Kato-san dengan LBWK ini juga sangat kuat, ia ingin membuat orang bahagia dan tersenyum, dan memberikan energi positif. Bahkan dalam salah satu sesi wawancara Kato mengatakan “Jika saya tidak bahagia, saya tidak bisa membuat orang lain bahagia,” kira-kira begitu perkataannya.

Sekarang LBWK sudah berkembang dan menghadirkan body kit baru untuk berbagai mobil, misalnya saja, Lamborghini Aventador, Huracan, McLaren 720S, Nissan GT-R, Silvia, Mazda RX-7, Toyota Supra, Land Cruiser bahkan Alphard.