POPULAR STORIES

Sejarah Porsche 911 Milik Pablo Escobar Yang Dijual

Sejarah Porsche 911 Milik Pablo Escobar yang Dijual

KabarOto.com – Diler mobil Atlantis Motor Group nampaknya punya mobil dengan sejarah cukup spesial. Pasalnya Porsche 911 berkelir kuning muda tersebut, sempat dimiliki oleh mendiang bandar narkoba terkenal, Pablo Escobar.

Mobil ini juga pernah digunakan oleh mantan juara F1 Emerson Fittipaldi, dalam ajang International Race of Champions (IROC) tahun 1974. Hanya ada 15 unit Porsche 911 IROC RSR, 12 unit untuk balapan dan 3 sebagai cadangan.

Baca juga: Mobil Balap Milik Rowan Atkinson Bakal Dilelang

Mobil yang akan dijual tersebut pernah dikendarai langsung oleh Emerson Fittipaldi. Mengusung nomor sasis 9114600100, dan menggunakan warna Sahara Beige. Kala itu Fittipaldi sempat terkena sanksi akibat terlambat hadir di pertemuan pembalap.

Oleh karenanya, ia memulai start dari urutan kesebelas. Tapi sayangnya ia tidak menyelesaikan balapan karena masalah kebocoran bahan bakar, sehingga harus tersingkir di putaran awal. Empat hari setelahnya, Porsche 911 itu dijual dan pembelinya adalah Roger Penske, salah satu legenda di dunia motorsport asal Amerika Serikat.

Hingga 1978, Porsche 911 ini masih melakukan balap di sirkuit, mulai dari ajang 12 Hours of Sebring sampai 24 Hours of Daytona. Namun, 1978 menjadi balapan resmi terakhir untuk mobil tersebut. Tapi setelah tugas di sirkuit selesai, kepemilikan jatuh pada Pablo Escobar, bandar narkoba terbesar asal Komlombia.

Selanjutnya, setelah kematian Escobar tahun 1983, mobil itu kembali ke tangan Roger Penske. Dan ia merestorasinya dan dikembalikan pada desain ketika kejayaan Fittipaldi menggunakannya untuk balapan.

Baca Juga : Porsche Cayman KARMA Bawa Pulang 9 Penghargaan Di Terminal 3 Auto Modified 2021

Dari sejarah kepemilikannya, mobil itu akhirnya akan dilelalng dengan banderol US$ 2,2 juta atau setara Rp 31,6 miliar.