POPULAR STORIES

Sejarah Suzuki Ertiga Di Indonesia

Sejarah Suzuki Ertiga di Indonesia Suzuki Ertiga generasi pertama (Foto: Suzuki)

KabarOto.com - Suzuki Ertiga pertama kali muncul di Indonesia dalam bentuk konsep bernama RIII (Er Tiga) pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010.

Membutuhkan waktu sekitar dua tahun, mobil konsep ini diproduksi secara massal dengan nama Suzuki Ertiga dan berbagi platform dengan Suzuki Swift. Arti nama Ertiga sendiri merupakan ER=R=Row (baris) dan Tiga (3).

Dalam waktu satu tahun, Suzuki Ertiga menjadi salah satu low MPV paling populer di Indonesia. Bahkan, generasi pertama ini diproduksi oleh pabrikan lain, diantaranya Mazda VX-1 di tahun 2013 dan Proton Ertiga yang dipasarkan di Malaysia.

Generasi pertama Suzuki Ertiga ditawarkan dalam tiga varian, yakni GA, GL dan GX. Semuanya masih menggunakan AC single blower dan transmisi manual. Soal performa, mobil keluarga ini menggunakan mesin kode K14B (DOHC-VVT) 1.400 cc yang mampu menghasilkan tenaga 90 dk dan torsi 130 Nm.

Suzuki Ertiga facelift 2015

Pada Mei 2013, Suzuki Ertiga facelift hadir dengan tambahan fitur AC double blower untuk varian GL dan GX. Tambahan fitur pendingin kabin ini diklaim memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Baca juga: Suzuki Ertiga Hybrid Segera Diluncurkan, Intip Dulu Teknologinya

Beberapa bulan kemudian, varian termewah Suzuki Ertiga Elegant hadir dari varian GX yang mendapatkan aksesoris tambahan, seperti side body moulding, spoiler, mufler, cover jok dan beberapa detil yang membuatnya lebih mewah. Kemudian di tahun 2014, Suzuki Ertiga Sporty hadir dengan gaya yang sesuai dengan namanya. Varian ini lahir dari Ertiga tipe GL.

Pada tahun 2015 Suzuki Ertiga facelift hadir. Suzuki Ertiga facelift 2015 memiliki beberapa ubahan di sektor eksterior dan interior. Di mana, varian GL dan GX mendapatkan fitur Dual Airbag.

Jok Baris ke-3 bisa dilipat secara split 50 : 50 untuk varian GL dan GX. Dengan ubahan ini berarti ruang interior Suzuki Ertiga facelift lebih fleksibel, serta memudahkan ketika ingin membawa barang sekaligus penumpang.

Dari area kabin, pengemudi dapat menaikkan jendela secara otomatis dengan sekali pencet. Beda dengan Suzuki Ertiga sebelumnya hanya memiliki fitur Auto Down Window saja. Fitur Auto UP dan Auto Down ini, hanya bisa digunakan untuk mengontrol jendela sebelah pengemudi saja.

Suzuki Ertiga Dreza

Berikutnya adalah penambahan new socket pada konsol box baris kedua. Fitur ini merupakan fitur yang memudahkan penumpang untuk melakukan pengecasan baterai smartphone.

Baca juga: Prediksi Harga Suzuki Ertiga Hybrid Versi Indonesia

Pada varian tertinggi (GX) Suzuki Ertiga dibekali dengan New Electric Foldable Electric Mirror. Fitur ini berguna untuk melipat spion saat parkir menggunakan tombol yang telah disediakan.

Dari segi eksterior, Suzuki Ertiga hadir dengan desain pelek baru, grill dan tambahan reflektor pada lampu belakang.

Awal tahun 2016 Suzuki Ertiga Dreza lahir dalam dua varian, yakni New Suzuki Ertiga Dreza dan New Suzuki Dreza GS.

Ubahan paling terlihat pada bagian eksterior dari New Front Bumper, New Chrome Garnish Grill, New Front Grille, dan pelek alloy 15 juga dengan desain baru. Sementara perubahan di bagian interior adalah pemakaian wood panel di dashboard dan doortim depan serta motif pelapis jok baru.

Fitur unggulan yang ada di New Suzuki Ertiga Dreza adalah disematkannya head unit dengan layar 9 inci. Head unit itu dapat terintegrasi melalui ponsel dengan teknologi Bluetooh. Sistem navigasi juga menggunakan basis android.

New Ertiga Diesel hybrid

Pada tahun 2017, Suzuki Ertiga semakin memperluas segmentasinya dengan tambahan pilihan mesin diesel yang mengusung teknologi mild-hybrid. Model terbaru ini di impor dari India.

Teknologi yang digunakan Smart Hybrid by Suzuki (SHVS). Mengaplikasi mesin diesel berkode D13A Dualjet berkapasitas 1.300 cc DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 88 dk dan torsi 200 Nm. Teknologi SHVS tidak sepenuhnya Hybrid karena sistem kelistrikan yang dialirkan hanya berfungsi untuk tetap menghidupkan lampu, head unit dan kelistrikan lain pada mobil saat kondisi mesin mati, tidak bisa untuk menjalankan mobil.

Baca juga: Suzuki Ertiga Hybrid Sudah Bisa Dipesan, Berapa Uang Mukanya?

Teknologi SHVS sendiri sebenarnya sudah digunakan oleh Suzuki Ciaz yang di pasarkan di India. Istilah mild atau semi hybrid karena perangkat Integrated Starter Genarator yang digunakan tidak serupa dengan generator/motor listrik pada mesin full hybrid, yang bekerja sama atau bergantian dengan mesin utama sebagai daya penggerak mobil.

Selain itu sistem kerja teknologi SHVS masih menggunakan aki konvensional berkapasitas besar, berbeda dengan mobil full hybrid yang biasanya menggunakan baterai lithium.

All New Suzuki Ertiga Sport

Generasi kedua Suzuki Ertiga diluncurkan tahun 2018. Ubahan generasi terbaru ini dilakukan menyeluruh dari mesin, tampilan, hingga platform terbaru.

All New Ertiga hadir dengan dimensi yang lebih besar, di mana panjang keseluruhannya mencapai 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm.

Mesin berkode K15B dengan teknologi DOHC VVT, di mana jantung pacu ini memiliki kapasitas 1.462 cc dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis (CVT) 4 percepatan.

Setahun berselang, Suzuki Ertiga Sport pada bulan Februari 2019. Varian GX mendapatkan fitur kamera mundur, AC digital with climate control & heater, head unit monitor 6,8 inci layar sentuh dan pelek alloy two-tone black polished.

Selanjutnya pada Maret 2019, sejarah Suzuki Ertiga berlanjut lewat kemunculan varian All New Suzuki Ertiga Sport. Unit ini hadir dari pengembangan type GX dan dibekali dengan bodi kit sporti, lampu DRL dan desain gril sarang tawon.

Suzuki Ertiga Sport FF

Kehadiran mobil Ertiga Sport membawa tampilan eksterior yang agresif dan juga sporti. Adapun tampilan eksterior yang baru adalah New Grille Design, New DRL, New Front Under Spoiler, New Side Under Spoiler, New Dual Tone Alloy Wheels, New Rear Defogger, New Rear Camera Parking, New rear Under Spoiler dan New rear Upper Spoiler.

Beberapa fitur lain yang diberikan oleh pihak Suzuki adalah Hill Hold Control, Electronic Brake Force Distribution, Electronic Stability Programme dan Anti-Lock Braking System.

Suzuki Ertiga Sport FF resmi hadir di GIIAS 2021. Low MPV ini hadir dalam dua pilihan, transmisi manual dijual dengan harga Rp 258.350.000 dan untuk transmisi otomatis dibanderol Rp 268.150.000 (OTR Jakarta).

All New Suzuki Ertiga FF ini sudah menggunakan fitur canggih, yaitu smart e-mirror. Fungsinya untuk merekam kejadian di sekitar. Fitur ini ada empat funsi penting, di anaranya pengemudi dapat melihat situasi di belakang mobil dengan jelas tanpa terhalang kondisi di dalam mobil, seperti penumpang penuh atau barang menumpuk di belakang.