Sejarah Toyota Corolla Di Indonesia

Sejarah Toyota Corolla di Indonesia Foto: Toyota Global

KabarOto.com – Toyota sudah sejak lama jadi mobil keluarga di Indonesia, salah satu mobil ikoniknya sejak dulu sebelum adanya Kijang adalah Toyota Corolla.

Mungkin beberapa sobat KabarOto pernah mendengar Corolla DX atau Great Corolla? Nah mobil tersebut sebagian tipe yang pernah meramaikan pasar Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Toyota Kijang Innova Di Indonesia

Sedikit asal usul, nama Corolla sendiri berasal dari nama mahkota bunga. Di Indonesia sendiri, mobil sedan ini baru muncul pada tahun 1970, dimana pada tahun tersebut Corolla sudah memasuki generasi kedua.

Alasan kenapa orang-orang di Indonesia menyukai mobil ini, karena mesin sedan ini dikenal bandel serta irit bahan bakar. Tidak hanya itu, di zamannya Corolla juga dipakai untuk armada taksi.

Nah, kali ini KabarOto akan membahas Corolla apa aja sih yang pernah masuk ke pasar Indonesia, yuk simak. (Deddy Darmanto)

1. Corolla E20

Corolla pertama kali dijual di Indonesia berseri KE20, dikenal juga dengan sebutan Corolla Betawi (Corbet). Jantung pacu pada mobil ini didukung mesin berkode 3K, sama dengan Kijang Buaya.

Mesin ini punya kapasitas 1.200 cc dan transmisi manual 4 percepatan, dapat menghasilkan tenaga 68 dk di 6.000 rpm dan juga torsi sebesar 93 Nm, tenaga yang cukup untuk di zamannya bukan?

Sedan ini telah dirakit di Indonesia pada Desember 1971 untuk varian empat pintu.

2. Corolla E30-E60

Selanjutnya, ada generasi ketiga Corolla yang dijuluki sebagai Corolla Veteran (Corvet). Corvet ini dihadirkan dengan perubahan besar pada bagian eksterior.

Desainnya tidak terlalu mengotak, tetapi masih terkesan retro. Ubahan pada eksterior tidak turut mengubah mesinnya, seri 3K masih dipercaya untuk jadi penggerak mobil ini.

Dimensinya memanjang sekitar 4 cm dari sebelumnya, yaitu 3.995 mm, desainnya juga tidak begitu berbeda dengan E20. Lampu bulat yang menyatu dengan gril besar, jadi model yang diusung selama generasi 1 - 3 mobil ini