POPULAR STORIES

Sejarah, Warih Andang Tjahjono Jadi Orang Indonesia Pertama Di Pucuk Pimpinan Toyota

Sejarah, Warih Andang Tjahjono Jadi Orang Indonesia Pertama di Pucuk Pimpinan Toyota Warih Andang Tjahjono. Foto:vibizmedia.com

Hari ini, Senin (13/3), menjadi hari bersejarah bagi Warih Andang Tjahjono. Betapa tidak. Di hari ini, pria kelahiran Pati, 54 tahun silam, itu resmi menjadi orang Indonesia pertama yang menjjadi pucuk pimpinan pabrikan mobil asal Jepang, Toyota di kawasan Asia Pasifik.

Warih naik sebagai presiden direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengantikan Masahiro Naomi.

Sebagai pimpinan tertinggi TMMIN, hari ini, Senin, 13 Maret 2017, Warih juga dibawa oleh Presiden Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyoda, ke Istana Negara untuk diperkenalkan kepada Presiden Joko Widodo. Pertemuan dengan Presiden Joko Widodo ini juga turut membahas tentang komitmen Toyota berkontribusi di pasar industri otomotif Indonesia.

“Sungguh saya merasa sangat terhormat bisa diberikan kepercayaan untuk menjalankan amanat melanjutkan tampuk kepemimpinan di TMMIN,” katanya.

Sementara itu, mantan presdir TMMIN, Masahiro Naomi, turut menambahkan bahwa kepercayaan memegang tampuk pimpinan tertinggi yang diberikan kepada Warih menjadi bukti pengakuan Toyota atas kinerja dan pengabdian yang diberikannya selama ini.

Toyota, lanjut Naomi, juga meyakini TMMIN di bawah kepemimpinan Warih akan bisa lebih berkembang lagi di Indonesia dan di wilayah Asia Pasifik.

“Saya sangat yakin dalam menghadapi tantangan besar di masa depan, Pak Warih yang berintegritas tinggi dan memiliki pengalaman mumpuni di bidang otomotif, mampu membawa TMMIN menjadi perusahaan yang dapat memajukan industri otomotif Indonesia,” akunya.

Warih Andang Tjahjono mulai berkarir di Toyota pada tahun 1989. Beberapa posisi yang pernah didudukinya antara lain Direktur Human Resources, General Affairs, Operation Management Consulting (2009-2011), Direktur Vehicle Manufacturing Karawang Plant & Production Engineering (2011-2014) dan Wakil Presiden TMMIN (2014-2017).

Dalam operasionalnya, TMMIN bertanggungjawab memproduksi dan mengekspor model Toyota di Indonesia. TMMIN pertama kali didirikan dengan nama PT. Toyota–Astra Motor (TAM) pada 1971 dan mengoperasikan lima fasilitas produksi yang tersebar di Sunter dan Karawang.

Hingga kini TMMIN memproduksi Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Sienta, dan Etios Valco serta 2 tipe mesin bensin yaitu TR-K dan R-NR. Tahun lalu TMMIN tercatat sudah memproduksi lebih dari 218 ribu unit mobil utuh dan 210 ribu mesin utuh diproduksi oleh fasilitas-fasilitas TMMIN.

Untuk penjualan ekspor TMMIN baru memulainya di 1987 dengan mengirim Kijang Super ke Brunei Darussalam. Kini penjualan ekspor Toyota Indonesia sudah berkembang dalam bentuk kendaraan utuh (CBU – Completely Built-Up), kendaraan terurai (CKD – Completely Knock Down), mesin, komponen, serta alat bantu produksi di proses pengelasan berupa jig dan di proses pengepresan berupa dies.

Ekspor kendaraan utuh merek Toyota dari Indonesia pada tahun lalu mencapai 169.100 unit ke lebih dari 80 negara tujuan di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. Angka ini berkontribusi sebesar 87% terhadap total ekspor mobil utuh dari Indonesia.