POPULAR STORIES

Sekilas Informasi Soal Sirkuit Losail Tempat Perhelatan F1 GP Qatar 2021

Sekilas Informasi Soal Sirkuit Losail Tempat Perhelatan F1 GP Qatar 2021

KabarOto.com - Formula 1 akan berlangsung di Doha, Qatar untuk pertama kalinya tahun ini. Perlombaan bakal digelar pada 19-21 November mendatang. Sirkuit Losail jadi saksi bisu keseruan ajang balap jet darat tersebut.

Trek dibangun pada tahun 2004 dan telah menjadi sirkuit permanen di kalender MotoGP sejak saat itu. Tahun ini, kesempatan perdana Losail jadi tuan rumah putaran ke-20 musim ini, sekaligus mencatat negara di Timur Tengah ketiga selama 2021.

Selain itu, Qatar juga menetapkan bahwa mereka bakal jadi tuan rumah selama 10 tahun mulai 2023. Kenapa 2023? Karena tidak ada balapan tahun depan sebabnya negara tersebut menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022.

Baca Juga : Qatar Resmi Masuk Jadwal Formula 1 2021

Trek ini memiliki panjang lintasan 5.380 km, karakter lurus utama panjang lebih dari 1 km dan akan memberikan lokasi satu zona DRS sirkuit. Itu berarti pembalap mendapat kesempatan terbaik untuk menyalip di tikungan pertama.

Masalah paling jadi bahan pikiran kemungkinan adalah ban, karena tingginya persentase waktu yang dihabiskan mobil untuk menikung, berarti ban mengalami degradasi lebih tinggi dari rata-rata. Selain itu trek tidak pernah diaspal lagi sejak tahun 2004, sehingga telah aus dan kasar, berarti cengkeramannya baik dan tingkat abrasif tinggi.

Kecepatan rata-rata mobil 237 kpj saat kualifikasi dan 220 kpj saat balapan. Dalam hal prediksi waktu putaran, simulasi F1 menyebut sekitar 1:22,500 detik untuk kualifikasi dan 1:28,600 detik untuk balapan, yang akan berlangsung selama 57 putaran.

Baca Juga : Lego Mobil F1 Terbesar Demi Sambut Seri Ke-21 Di Arab Saudi

Losail juga sangat mumpuni untuk mengadakan balapan malam, dengan sekitar 3.600 lampu di 1.000 struktur tersebar di sekitar sirkuit untuk menerangi lintasan.

Jika ini adalah perlombaan siang hari, suhu akan menjadi panas dan lembap tetapi karena saat ini adalah musim gugur, kondisinya masih akan jauh lebih dingin daripada musim panas. Namun bila balapan berlangsung malam hari, suhu lingkungan akan turun lebih jauh hingga sekitar 20 derajat Celsius.