POPULAR STORIES

Selagi WFH, Yuk Cegah Korosi Radiatormu Pakai Ini

Selagi WFH, Yuk Cegah Korosi Radiatormu Pakai Ini Foto: Kipli

KabarOto.com - Piranti radiator berfungsi sebagai pendingin mesin. Mesin mobil dan motor modern tentunya sudah lazim memakai part ini untuk melepas panas mesin.

Nah, menurut CEO Wealthy Group, Arief Hidayat, pengguna kendaraan masih banyak yang kurang paham memilih cairan pendingin yang ujungnya malah merugikan pemilik kendaraan, seperti mesin jadi cepat panas atau overheat yang dapat berakibat buruk pada mesin.

Menyikapi fenomena tersebut, Arief angkat bicara. Menurutnya, tidak ada istilah coolant untuk mobil baru atau mobil lawas. Menggunakan coolant, menurutnya, hanya persoalan memilih dan merawat radiator dengan baik maupun tidak.

"Pertama harus dilihat dulu kondisi radiator, apakah dalamannya bersih dan terawat, dalam artian tidak ada kotoran dalam ply atau terdeteksi korosif seperti warna air yang keruh," ungkapnya.

Dirinya menyarankan agar radiator dikuras terlebih dahulu. Kemudian isi lagi dengan air yang baru hingga air di dalam water jacket bertukar dan warna di bibir air radiator juga jernih.

"Biasanya radiator seperti itu sebelumnya diisi air sulingan atau air biasa. Kalau sudah bersih total masukkan coolant yang memiliki kandungan yang baik untuk mesin," imbuh Arief.

Baca Juga: Pengguna Mobil Diesel, Wealthy B30 Bakal Tingkatkan Performa Mesin

Berbicara kondisi tropis seperti Indonesia, ia pun menyarankan sebaiknya menggunakan coolant yang dilengkapi dengan aditif anti karat dan anti lumut.

Arief bilang, jika radiator berkarat dan berlumut, pasti akan menyebabkan masalah. Lumut yang tumbuh di saluran pipa radiator bisa membuat mampet. Sehingga air tidak bisa bersirkulasi dan membuat proses pendinginan mesin terganggu. Temperatur mesin menjadi tinggi dan bisa membuat mobil panas atau over heating.

Menurut Arief, Wealthy Radiator Coolant Hybrid dapat mengurangi panas berlebih. Coolant dari Wealthy ini diklaim punya proteksi tambahan antikarat, korosi, anti lumut dan anti pembentukan endapan di dalam sistem radiator.

"Formulanya dilengkapi dengan aditif yang mampu memberikan lubrikasi pada pompa atau waterpump. Sehingga pompa pemutar air ini tidak gampang macet," jelas Arief.

Diklaim pihaknya, produk ini cocok untuk semua jenis mobil. Baik mobil Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika. Juga sesuai dengan mobil bermesin bensin dan diesel. Selain di berbagai bengkel rekanan, Wealthy Radiator Coolant Hybrid juga tersedia di e-commerce. Yuk, jadikan WFH-mu bermanfaat!