POPULAR STORIES

Selain Menjadi Pereli Profesional, Ken Block Sukses Menjalankan Bisnis DC Shoes

Selain Menjadi Pereli Profesional, Ken Block Sukses Menjalankan Bisnis DC Shoes ken Block pernah sukses menjal DC Shoes (Foto: DC Shoes)

KabarOto.com - Penggemar balap mbil di seluruh dunia terkejut, dengan kabar kematian Ken Block, pereli profesional asal Amerika Serikat. Ia meninggal, dalam kecelakaan saat bermain kendaraan salju, awal pekan ini.

Selain berprofesi sebagai pereli, Ken Block juga menjadi salah satu pendiri merek sepatu DC Shoes. Dilansir dari website resmi DC Shoes dan Mastershoe, Ken Block sudah mengemari dunia streetwear sejak masih remaja.

Baca Juga: Ini Sosok Lia Block, Putri Cantik Ken Block

Tahun 1989, ia telah mulai menyablon kaos oblong, setelah itu menjualnya ke toko-toko. Saat kuliah, diriinya betemu dengan Damon Way. Keduanya memiliki minat yang sama. Mereka pun membuat sebuah produk bernama Eightball. Bisnis tersebut, berkembang hingga mendirikan pabrik disertai gudang.

Dua pendiri DC Shoes, ken Block dan Damon Way (Foto: DC Shoes)

Namun, bisnisnya bangkkrut, diambil kepemilikannya oleh pihak lain. Keduanya kemudian membangun DC Shoes, dan berfoku pada sepatu-sepatu skateboard. Teept di tahhun 1994, sepatu merek ini menggunakan teknologi tercanggih di zamannya.

Dikabarkan, Ken Block mendirikan DC Shoes bermodal US$10 ribu atau sekitar Rp 150 jutaan, didapat dari pinjaman orang tuanya. Dana hasil hutang itu, dikelola dengan baik, untuk memproduksi sepatu. Selain itu menambah karyawan serta berikln.

Tahun 1995, DC Shoes menghasilkan untung sampai US$ 7 juta, atau sekitar Rp 109 miliar. Namun, pada 2004 Ken Block dan Demon Way menjual saham DC Shoes ke Quicksilver. Ia pun mulai fokus menjalani profesi sebagai pereli profesional. Seekaligus mendirikan usaha pakaiannya bernama Hoonigan Industries.

Tahun 2005 memulai karier di duna reli, membela tim Vermont SportsCar, ia mengemuikan Subaru WRX STi. Menggunakan produk Jepang itu, ia tampil impresif di kejuaraan nasional. Di akhir musim, menempati urutan ketiiga, klasemen grup dan mendapat penghargaan sebagai rookie of the year 2005.

Setelah berhasil ia mulai berkibar di dua sampai tga musim selanjutnya. Usai itu, Ken Block mulai banyak dibicarakan, terutama para penggemar olahraga balap mobil. Tahun 2009, ia pun mendatangi acara Top Gear, dan mulai perkenalkan Gymkhana, yang merupakan aliran motorsport, mirip autocross atau slalom.

Baca Juga: Atraksi Video Gymkhana Ken Block Banyak Tarik Perhatian

Ken Block dikenal juga dengan penampilan impresif di European Rallycross dan American Rallycross, mulai 2011 sampai 2018. Selama menjalani musim di dua kejuaraan tersebut, sudah meraih medali silver dan perunggu.