Selisih Poin Terbanyak Di F1 Sebelum Max Verstappen

Selisih Poin Terbanyak di F1 Sebelum Max Verstappen Dok : Red Bull Content Pool

KabarOto.com – Max Verstappen (Red Bull Racing) berhasil meraih gelar juara dunia ke-2 musim ini. Dengan menyisakan 2 balapan, Verstappen masih berkesempatan untuk mendulang poin lagi.

Dominasi poinnya pun tak terkejar lagi dengan 416 poin setelah GP Meksiko, dan akan terus bertambah. Sementara pembalap lain di ranking ke-2 yang diisi rekan setimnya, Sergio Perez hanya 280 poin, dan rival Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) 275 poin. Selisihnya signifikan yakni 136 poin.

Poin Sebastian Vettel terpaut 155 poin dengan Fernando Alonso

Baca juga: Max Verstappen Ukir Rekor Kemenangan Terbanyak Dalam Satu Musim

Namun sebelum Verstappen selisih poin sejauh ini juga pernah terjadi, pada tahun 2013 lalu. Penghitungan poin menggunakan sistem poin 2010-sekarang, di mana poin tertinggi adalah 26 poin (posisi 1 + lap tercepat).

Pada tahun 2013, Sebastian Vettel (Red Bull Racing Renault) berhasil meraih gelar juara dunia keempatnya. Pembalap Jerman pun mendulang total 397 poin.

Musim 2013 menjadi dominasi Red Bull Racing Renault

Baca juga: Mercedes AMG Petronas Mulai Mengancam Scuderia Ferrari

Lebih kecil memang dari Verstappen musim ini, namun selisihnya dengan Fernando Alonso (Ferrari) yang berada di klasemen ke-2 saat itu sangat jauh. Pasalnya pembalap Spanyol hanya mampu mengumpulkan 242 poin. Itu artinya selisihnya 155 poin.

Selama semusim Vettel mampu mendominasi dengan meraih 13 kali podium pertama, tiga kali podium, dua kali finis ke-4, dan sekali DNF, dari 19 seri. Sebelum akhirnya pada 2014 performanya sedikit menurut, dan pindah ke Ferrari pada musim berikutnya.