POPULAR STORIES

Sembilan Bulan Pertama 2021, Astra Otoparts Catatkan Pendapatan Rp11 Triliunan

Sembilan Bulan Pertama 2021, Astra Otoparts Catatkan Pendapatan Rp11 Triliunan

KabarOto.com – PT Astra Otoparts Tbk mengumumkan hasil pendapatan selama sembilan bulan pertama tahun 2021, dengan membukukan pendapatan bersih konsolidasian sebesar Rp11,041 triliun.

Kenaikan pendapatan tersebut didapatkan dari segmen usaha manufaktur dan perdagangan yang secara berturu-turut memberikan kontribusi sebesar 49% dan 51% dri total pendapatan bersih konsolidasian Perseroan.

Sementara itu, per 30 September 2021, Perseroan membukukan laba bersih konsolidasian sebesar Rp446 miliar dibandingkan rugi bersih sebesar Rp243 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Selain itu neraca Perseroan tetap kuat dengan rasio hutang terhadap ekuitas (Debt to Equity Ratio) dapat terjaga sehat dan stabil.

Baca juga: Astra Otoparts Resmi Menjadi Sponsor Gresini Racing MotoGP Mulai 2022

Presiden Direktur Astra Otoparts, Hamdani Zulkarnaen mengatakan bahwa, “Terdapat sedikitnya tiga produk non otomotif yang dihadirkan, yakni faceshield, masker transparan dan helm sepeda. Kami selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan performa bisnis kita, salah satunya kami merambah bisnis non otomotif.”

Dalam segmen usaha manufaktur sembilan bulan pertama tahun 2021, total usaha manufaktur memberikan kontribusi sebesar 49% dari total pendapatan bersih Perseroan, dengan total penjualan sebesar Rp 5,429 triliun atau naik sebesar 44% dari periode yang sama tahun lalu.

Perseroan memiliki jaringan distribusi domestik yang luas untuk pasar suku cadang pengganti, mencakup 49 diler utama dan 24 kantor penjualan yang melayani 12.000 toko suku cadang di seluruh Indonesia. Di pasar ekspor, Perseroan melayani lebih dari 40 negara di kawasan Afrika, Amerika, Asia Oseania, Eropa, dan Timur Tengah.

Baca Jugaj: Anak Perusahaan Astra Otoparts Luncurkan Masker Pencegah Virus

Perseroan juga memiliki jaringan perdagangan ritel modern dengan nama Shop&Drive dengan total 372 outlet, bengkel perawatan berkala khusus kendaraan roda 4 yang melayani seluruh merek di Indonesia yaitu Astra Otoservice, serta platform perdagangan online.

Segmen usaha perdagangan memberikan kontribusi sebesar 51% dari total pendapatan bersih Perseroan, dengan total pendapatan selama sembilan bulan pertama tahun 2021 sebesar Rp 5,612 triliun atau naik 15%.