Sempat Tertunda Akibat Covid-19, Nissan Mulai Produksi GT-R50

Sempat Tertunda Akibat Covid-19, Nissan Mulai Produksi GT-R50 Nissan GT-R50 (Nissan)

KabarOto.com - Masih ingat dengan mobil konsep Nissan GT-R50 yang dirancang khusus oleh Italdesign? Nah, ada kabar baik nih. Karena Nissan telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya siap untuk membawa GT-R50 kedalam jalur produksi.

Sebelumnya, produsen mobil asal Jepang tersebut telah membatalkan peluncuran GT-R50 secara resmi (world premier), yang sedianya dilakukan dalam gelaran Geneva Motor Show awal tahun ini.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Mewah Dengan Harga Paling Mahal Di Dunia

"Ini adalah hari yang sangat istimewa setelah minggu yang sangat sulit bagi semua orang. Kami harus meninggalkan premier dunia di Geneva Motor Show, dan setelah penghentian sebagian kegiatan produksi kami karena Covid-19," kata CEO Italdesign Jorg Astalosch.
Diproduksi secara terbatas

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan kegiatan produksi yang mulai berjalan, Nissan dan Italdesign menjanjikan bahwa mobil spesial tersebut akan dapat dikirim kepada pelanggannya pada akhir tahun ini.

"Pada awal Mei kami mengembalikan 100% kegiatan operasional dan dapat mengkonfirmasi, pengiriman mobil pertama akan dilakukan antara akhir tahun ini dan awal 2021, sesuai rencana," tutur Astalosch.

Mobil prototipe GT-R50 pertama sebenarnya pernah tampil dalam ajang Goodwood Festival of Speed di Inggris beberapa waktu lalu. Kehadirannya cukup membuat publik penasaran.

Namun sayangnya, sesuai dengan nama yang disandang, Nissan hanya akan membuat GT-R50 sebanyak 50 unit saja. Besar kemungkinan mobil ini akan jadi rebutan para kolektor dan pecintanya.

"Ini adalah produk langka untuk memperingati momen emas 50 tahun Italdesign dan Nissan di dunia otomotif," ujar Alfonso Albaisa, Nissan Senior Vice President for Global Design.

Interior sarat nuansa mobil balap

Pada dasarnya GT-R50 dibangun dari basis GT-R Nismo facelift, dengan menggendong mesin VR8DETT V6 berkapasitas 3.800 cc yang telah direkayasa ulang.

Hasilnya, mesin tersebut mampu meletupkan tenaga maksimalnya hingga 720 dk pada 7.100 rpm, dan torsi sebesar 780 Nm mulai dari putaran mesin 3.600 rpm hingga 5.600 rpm.

Mesinnya diklaim memiliki tenaga ebih besar 120 dk dan torsinya lebih besar 128 Nm dibanding GT-R Nismo.

Baca Juga: Maskulin, Harley-Davidson Fat Boy Edisi Spesial Rayakan 30 Tahun

Nissan mengklaim jika lonjakan tenaga dan torsi tadi terwujud berkat penggunaan turbo charger dan intercooler dengan ukuran yang lebih besar, serta injektor bahan bakar dengan kemampuan yang lebih tinggi.

Tak ketinggalan sistem pengapian dan pembuangan juga telah dioptimalkan. Banderol harganya mulai dari 990.000 euro atau setara Rp 16 miliar, dan harga tersebut tidak termasuk pajak serta biaya lainnya.