POPULAR STORIES

Sempat Vakum 3 Tahun, Ini 25 Kendaraan Pilihan Forwot

Sempat Vakum 3 Tahun, Ini 25 Kendaraan Pilihan Forwot (Foto: Forwot)

KabarOto.com - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) kembali menggelar pemilihan mobil dan sepeda motor terbaik, setelah vakum 3 tahun (2020-2022). Sebagai bagian dari mendorong percepatan penggunaan kendaraan rendah emisi dan ramah lingkungan, tahun ini ada penambahan kategori baru.

Cars of The Year 2023 memiliki satu pemenang pada masing-masing 3 kategori, yakni ICE (Internal Combustion Engine), HEV (Hybrid Electric Vehicle), serta BEV (Battery Electric Vehicle). Pun dengan sepeda motor, pada edisi tahun ini memiliki pemenang untuk kategori ICE dan sepeda motor listrik.

Baca Juga: Astra Honda Motor (AHM) Gandeng Jurnalis Terabas Dan Eksplorasi Wisata Alam Pakai CRF150L

“Hadirnya kategori-kategori baru yakni Hybrid Electric Vehicle, Plug-in Hybrid Electric Vehicle, dan BEV tak lepas dari tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Lewat penghargaan ini pula, kami ingin mengapresiasi para produsen yang telah meluncurkan teknologi elektrifikasi yang harapannya bisa membantu pencapaian target pemangkasan emisi dan menumbuhkan industri otomotif dalam negeri,” ujar Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot.

Seperti pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya, para anggota Forwot menghimpun mobil dan sepeda motor yang meluncur sepanjang Januari 2022 hingga Oktober 2023.

Baca Juga: Wartawan Dan Bikers Ikuti Pelatihan Safety Riding Bersama JDDC

Selama periode tersebut pihaknya menjaring 88 model kendaraan untuk penilaian Forwot Cars of The Year 2023 (FCY 2023). Dari total tersebut, sebanyak 55 model mobil ICE, 16 mobil berteknologi HEV, dan 17 model BEV.

Forwot Motorcycles of The Year 2023 (FMY 2023), tim juri mengumpulkan 59 model yang meluncur sepanjang Januari 2022 hingga Oktober 2023. 15 model diantaranya adalah sepeda motor listrik.

Finalis Cars & Motorcycles of The Year 2023 (18/12), Forwot mengumumkan 25 kendaraan (roda empat dan roda dua) favorit setelah melalui beberapa aspek penilaian (Desain, Kenyamanan, Keselamatan, Performa, Handling, Fungsionalitas, Pengalaman Berkendara, dan Harga).

ICE Roda-Empat (berdasarkan alfabet):

1. Chery Omoda 5
2. Honda HR-V
3. Hyundai Stargazer X
4. Mitsubishi Xforce
5. Wuling Alvez

HEV Roda-Empat (berdasarkan alfabet):

1. Honda CR-V Hybrid
2. Suzuki Grand Vitara Hybrid
3. Suzuki XL7 Hybrid
4. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid
5. Wuling Almaz Hybrid

BEV Roda-Empat (berdasarkan alfabet):

1. Hyundai IONIQ 6
2. Kia EV6 GT-Line
3. Neta V
4. Toyota bZ4X
5. Wuling Air ev

ICE Roda-Dua (berdasarkan alfabet):

1. Aprilia SR-GT 200
2. Honda ADV160
3. Suzuki V-Strom 250 SX
4. Vespa GTV 300
5. Yamaha X-Max Connected

Sepeda Motor Listrik (berdasarkan alfabet):

1. Alva Cervo
2. Gesits Raya G
3. Polytron Fox R
4. Vespa Elettrica
5. Yadea E8S Pro

FCY dan FMY merupakan sebuah penghargaan terhadap kendaraan roda empat dan roda dua karena dipilih oleh para jurnalis dari berbagai media nasional secara mandiri, professional dan obyektif. Pengumuman para pemenang dari masing-masing kategori akan diselenggarakan pada Jum'at, 22 Desember 2023, di Jakarta.