Semua Jenis Mobil, Ternyata Bisa Dipasang Tombol Start/Stop Engine

Semua Jenis Mobil, Ternyata Bisa Dipasang Tombol Start/Stop Engine (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Mengingat fitur kendaraan roda empat kini sudah beragam, banyak pabrikan mobil yang melengkapinya dengan fitur-fitur simpel dan memudahkan penggunanya. Misalnya saja seperti sistem start/stop engine yang digunakan untuk starter mobil.

Tida perlu memutar kunci, menyalakan mobil jadi lebih mudah hanya dengan sensor dan memencet tombol. Fitur ini tidak hanya ada di mobil premium loh. Bahkan saat ini kendaraan roda empat pabrikan asal Tiongkok sudah mulai membekali produk keluaran mereka dengan fitur ini.

Misalnya seperti Wuling Almaz atau DFSK Glory 560, di mana fitur ini semakin menambah kesan mewah mobil tersebut.

Baca Juga: Yuk, Kenali Masalah Pada Sunroof Dan Panoramic

Walaupun masih ada beberapa orang yang kurang tertarik dengan fitur ini dengan alasan kunci mobil yang tidak terlihat atau dijangkau oleh mata, tapi bagi sebagian orang hal ini malah menjadi nilai plus loh. Karena kunci tidak perlu bolak-balik dikeluarkan dari tempat penyimpanan, misalnya tas.

Nah, bagi Sobat Kabaroto yang tertarik dengan fitur ini tapi kurang suka dengan ketidak-jangkauan kunci, sekarang ada solusinya nih. Di Garasi Sunroof ada stock barang yaitu tombol start/stop, yang bisa digunakan untuk seluruh jenis mobil. Bukan aftermarket, aksesori ini merupakan copotan dari mobil lain.

"Kalau disini sih paling jual aksesorinya aja, jadi nggak sekaligus dipasang. Tapi ada juga aftermarket yang jual udah satu paketan. Aksesori ini bisa untuk pemasangan ke semua mobil. Jadi tinggal pilih aja modelnya mau yang seperti apa, kan ada macam-macam bentuknya," jelas Dewa, pemilik Garasi Sunroof.

Jangan bingung, pada beberapa mobil sudah ada bagian yang seolah dipersiapkan oleh pabrikan untuk di modifikasi dengan tambahan tombol start/stop engine. Biasanya tidak jauh dari lubang tertutup yang bisa di modifikasi untuk memasang start/stop. Ketika aksesori ini dipasang pun tidak akan mengubah sistem lain di dalam mobil.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Lengkap Dan Harga Head Unit Mirai

"Kalau mobil dengan kunci mau starter-nya diputar dua kali. Kalau tombol start/stop engine ini sudah dipasang diputarnya cukup sekali. Terus, di pencet tombolnya untuk menyalakan kendaraan. Jadi nggak merubah apa-apa, kunci masih tetap dipakai tapi mobilnya sudah ada tombol start/stop," tambah Dewa.

Jika sobat KabarOto tertarik, di Garasi Sunroof untuk satu buah tombol start/stop engine dibanderol dengan harga Rp 800 ribu, tetapi nominal ini belum termasuk biaya pemasangan. Pemasangannya pun bisa dilakukan di Garasi Sunroof dengan teknisi ahli yang sudah siap mengerjakannya.

Menurut Dewa, penambahan tombol start/stop engine tidak akan merusak sistem apa pun, apabila pemasangannya benar. Tetapi ketika bermasalah atau kendala dengan tombol start/stop engine, menyalakan mobil masih bisa menggunakan kunci konvensional.