Yuk, Kenali Masalah Pada Sunroof Dan Panoramic

Yuk, Kenali Masalah Pada Sunroof dan Panoramic Panoramic (Foto: Wandha)

KabarOto.com - Beberapa pabrikan mobil telah menambahkan berbagai fitur agar menambah kesan mewah. Saat ini yang merajalela di jalanan yaitu panoramic/glass roof, sunroof, dan moonroof. Untuk panoramic atau glass roof biasanya tidak memerlukan banyak perawatan khusus, karena kaca sudah bawaan pabrik dan terpasang tanpa sela.

Baca Juga: Ini Bedanya Sunroof, Moonroof, Dan Panoramic

Biasanya masalah utama pada fitur ini adalah jamur pada bagian kacanya. Hal ini sering terjadi karena sunroof dan panoramic posisinya ada di bagian atap mobil, dan ketika terkena hujan biasanya tidak langsung di lap bersih. Sehingga meninggalkan jamur atau kerak yang sulit dihilangkan.

Untuk masalah ini bisa dibersihkan dengan pembersih jamur, sama seperti bagian kaca lainnya. Berbeda dengan panoramic, ada hal-hal yang perlu diketahui oleh pemilik mobil dengan sunroof dan moonroof nih, yaitu kelebihannya yang bisa terbuka dan memberikan lubang pada bagian atap mobil.

Terbukanya bagian tersebut tentunya memerlukan listrik nih Sob. Kelistrikan inilah yang perlu diketahui serta di waspadai, karena jika terjadi kendala bisa menyebabkan berbagai masalah ke bagian lainnya. Misalnya rel macet sehingga tidak bisa dibuka, atau malah bocor ketika hujan.

Bagian listrik rel

"Beda mobil beda karakter sunroof-nya. Sebenarnya bukan masalah di merek mobil, cuma merek mobil biasanya pakai sunroof yang kualitasnya beda-beda. Misalnya ini (sunroof) pakai rel yang terbuat dari baja atau besi, nah yang ini bagus. Ada juga sunroof yang terbuatnya dari plastik, kalau yang seperti itu biasanya lebih cepet putus. Kalau baja kan lebih kuat ya," jelas Dewa pemilik Garasi Sunroof.

Rel terbuat dari besi

Baca Juga: Pasang Kaca Film Di Sunroof? Berikut Sedikit Ulasannya!

Biasanya rel sunroof bisa sampai putus dikarenakan sering buka tutup, sehingga membuat rel yang terbuat dari plastik itu rapuh kemudian putus dan tidak bisa digunakan. Dewa merasa untuk sunroof dengan rel yang terbuat dari baja memiliki kelebihan jarang bermasalah.

Sedangkan untuk bagian kelistrikan dapat dikatakan bukan masalah dari sunroof-nya, tetapi dari modul. Nah, modul ini bisa konslet karena kebocoran pada sunroof. Biasanya, sunroof bocor dikarenakan slang untuk jalur pembuangan air tersumbat kotoran, sehingga airnya meluap hingga ke plafon dan menyebabkan kebocoran.

Contoh saluran air yang tersumbat kotoran

Nah, untuk perawatannya sunroof maupun moonroof tidak terlalu sulit. Karena ada beberapa produk yang bisa digunakan untuk membersihkan atau menjaga kondisinya agar tidak memburuk.

Misalnya spray khusus yang digunakan oleh Dewa dan bisa didapatkan di beberapa gerai aksesori. Spray ini bisa digunakan untuk bagian rel dan karet. Hal ini diperlukan supaya tidak muncul kerak serta menjaga keelastisan pada karet.

"Kalau pakai air biasa nggak ada perubahan apa-apa, soalnya kalau hujan juga kan kena air. Tapi kalau pakai ini lebih menjaga supaya tetap lentur. Kalau pakai barang-barang rumahan gitu bisa saja, seperti pakai minyak untuk mesin jahit. Soalnya kan sama-sama untuk besi ya."