Ini Bedanya Sunroof, Moonroof, Dan Panoramic

Ini Bedanya Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Moonroof. (Foto: Deni)

KabarOto.com - Mobil keluaran terbaru, rata-rata sudah kaya akan teknologi dan fitur. Baik untuk keamanan, kenyamanan, hiburan bahkan keindahan. Semuanya terkait dengan memanjakan penumpang mobil yang duduk didalamnya.

Salah satu fitur yang cukup menarik adalah adanya sunroof, moonroof atau panoramic. Ternyata berbeda-beda loh Sob. Karena kebanyakan dari masyarakat di Indonesia menyebutkan sunroof atau panoramic saja, padahal setiap bentuk serta cara kerja masing-masing berbeda.

Perbedaan inilah yang membedakan nama dari masing-masing fitur. Nah, begini ulasannya!

1. Sunroof

Sunroof
Sebelum di pasang

Nah, sunroof ini bisa terbuka. Slidenya bisa terbuka ke atas dan agak naik. Sehingga ketika sunroof dibuka, ada bagian yang menumpuk di belakangnya. Ada pun sunroof yang hanya bisa dibuka pada satu sisi saja, sehingga tidak ada slide ke belakang.

Baca Juga : Sunroof Mobil Harus Dilapisi Kaca Film?

Biasanya sunroof berukuran persegi panjang dan cukup kecil, Dewa selaku pemilik Garasi Sunroof menjelaskan, "Kalau sunroof mobil copotan atau mobil bawaan pabrik yang sudah ada sunroofnya itu saya katakan ukurannya L, kalau besar sekali XL, sesudah itu baru panoramic, saya sebutnya gitu."

Ukuran L itu termasuk yang sedang atau medium. Nah, ukuran ini bisa dipasang di mobil berukuran kecil seperti sedan. Untuk XL biasanya dipasang di kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV).

2. Moonroof

Sedikit berbeda dengan sunroof, jenis moonroof slide-nya tidak akan terlihat dari luar. Karena akan terbuka tetap di bagian dalam mobil. Sama seperti sunroof, keduanya sama-sama bisa merasakan udara serta pemandangan alam. Namun, hati-hati saat terik matahari karena bisa sangat menyengat hingga ke interior.

Cara membuka slide moonroof juga ada yang otomatis, ada juga yang manual dengan cara di dorong saja. Namun, kebanyakan mobil premium saat ini menggunakan automatic sliding.

Baca Juga : Apa Sih Perbedaan Sunroof, Moonroof, Panoramic Roof?

Moonroof
Sebelum di pasang

Jika belum terpasang, bentuk dari moonroof yaitu terdapat rel yang cukup panjang ke belakang. Ini dibuat untuk tempat slide-nya ketika dibuka. Mobil yang menggunakan jenis ini seperti Toyota Harrier, All New Pajero Sport Dakar, HR-V Prestige dan Hyundai Sante Fe.

3. Panoramic

Jenis inilah yang paling berbeda dengan sunroof maupun moonroof. Panoramic ukurannya lebar, lebih dari satu kaca. Dewa menjelaskan, "Panoramic itu ada beberapa macam, ada yang glasstop atau glassroof jadi cuma kaca aja. Tapi ada juga yang bisa dibuka. Jadi kalau kacanya lebar, bisa dibuka atau enggak itu namanya panoramic."

Nah, karena ukuran panoramic cukup lebar, biasanya tidak ada di mobil-mobil sedan. Untuk yang sudah bawaan dari pabrik, contohnya Mitsubishi Outlander Sport untuk jenis glasstop dan Hyundai Santa Fe panoramic yang bisa di slide.

Panoramic

Fitur ini memang mempercantik kendaraan yang semakin memberi kesan premium pada mobil. Untuk mobil bawaan pabrik yang tidak ada sunroof, moonroof maupun panoramic bisa juga untuk melakukan pemasangan, contohnya di Garasi Sunroof yang berlokasi di Fatmawati, Kebayoran Baru.

Tetapi perawatannya juga harus ekstra karena ada lapisan kaca yang ada di bagian atas. Tidak sedikit mobil dengan panoramic membuat suhu didalam mobil lebih panas, apalagi setelah dijemur. Jadi, usahakan untuk parkir ditempat yang teduh ya.

Baca Juga : Audi Sematkan Panoramic Roof Untuk Meningkatkan Daya Jelajah Mobil Listriknya