Senjata Baru Red Bull Racing, RB16B Siap Lakoni Musim F1 2021

Senjata Baru Red Bull Racing, RB16B Siap Lakoni Musim F1 2021

KabarOto.com – Red Bull Racing sebagai salah satu kandidat terkuat di balapan Formula 1 (F1), paling ditunggu-tunggu peluncuran mobil 2021. Untuk musim tersebut, diperkenalkan RB16B yang akan dikemudikan oleh Max Verstappen dan Sergio Perez musim ini.

Dibangun dari basis RB16 sebelumnya, RB16B menandai sesuatu yang luar biasa bagi Honda di F1, Red Bull Racing akan menjalankan tahun terakhir pabrikan Honda pada ajang F1, selanjutnya tim yang bernama lengkap Aston Martin Red Bull Racing F1 Team akan melakukan pengembangan mesin sendiri hingga akhir 2024.

Baca juga: Waduh, Pemasok Masker F1 Harus Tarik Produknya

Secara visual, mungkin Red Bull Racing musim ini yang paling tidak banyak berubah. Bahkan mungkin secara sekilas tidak ada perubahan, tetap menggunakan warna dasar hitam, dan kombinasi tulisan dan logo Red Bull berwarna merah dan kuning.

Namun soal bentuk, beberapa ubahan dilakukan pada bagian hidung depan, dibentuk kembali dengan ukurannya lebih kecil dari sebelumnya. Perubahan dilakukan, akibat ditemukan bahwa kombinasi sayap belakang, hidung dan sayap depan dapat saling mengganggu saat mobil berkecepatan rendah, dan berpotensi mengakibatkan pengurangan grip belakang.

Baca juga: Alfa Romeo Racing Pamerkan C41, Harapkan Performa Mesin Baru Ferrari

Sidepod juga tampak dibentuk ulang, dengan kemiringan lebih bawah sedikit, karena aerodinamika akan berusaha sangat keras untuk mengembalikan downforce belakang yang hilang, namun harus sesuai perubahan regulasi.

Bagian samping juga sedikit diubah agar udara masuk ke radiator semakin banyak. Serta udara semakin cepat melewati setiap sisi-sisi mobil dan melalui celah antara bagian dalam ban belakang dan dinding diffuser, ini berfungsi agar memininalisir hambatan angin.