POPULAR STORIES

Sepi Orderan, Grab Bantu Mitra Pengemudi Dengan Cara Ini

Sepi Orderan, Grab Bantu Mitra Pengemudi dengan Cara Ini Ilustrasi mobil Grab

KabarOto.com - Mewabahnya Covid-19, memberi dampak pada segala aspek kehidupan. Tak hanya perekonomian, efek dari penyebaran virus mematikan tersebut juga terjadi pada sektor transportasi.

Saat ini, lebih banyak orang yang mengurung diri di rumah, agar dapat terhindar dari penularan Covid-19. Sehingga, banyak pengemudi transportasi online, baik mobil maupun sepeda motor yang kehilangan pendapatan.

Seakan berefek domino, perusahaan pembiayaan atau leasing pun terkena imbasnya. Banyak pengemudi transportasi online, yang mulai merasa berat untuk membayar cicilan kendaraannya.

Bahkan, Presiden Joko Widodo mengimbau kepada perusahaan leasing, untuk memberi keringanan kredit kepada para pengemudi transportasi online, paling tidak selama satu tahun.

Baca Juga: Virus Corona Mewabah, Wuling Adakan Program Test Drive Di Rumah

Mensiasati hal tersebut, Grab Indonesia mengaku telah mempersiapkan skema bantuan, serta langkah-langkah untuk mendukung program pemerintah, dengan tujuan membantu mengurangi kendala keuangan yang dihadapi oleh para mitra Grab.

"Sejak awal penyebaran virus Covid-19 pada bulan Desember, Grab Indonesia telah memantau kondisi dan menyiapkan semua pemangku kepentingan, terkait respon kami," ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Bantu pengemudi di masa sulit

Oleh karena itu, Grab bersama perusahaan rental kendaraan, PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI), akan meluncurkan program, yang dapat membantu keberlangsungan pendapatan mitra pengemudi, melalui dukungan pihak Perbankan.

"Sebagai bentuk dukungan saat ini kami tengah berdiskusi secara intensif dengan OJK terkait inisiatif ini, termasuk bagaimana Grab dapat membantu pelaksanaan di lapangan," kata Neneng.

Sejumlah program kerja sama yang disiapkan antara Grab dengan TPI, antara lain adalah penundaan biaya rental mobil hingga dua (2) bulan ke depan. "Serta pemberian dana tunai sebagai bagian dari program loyalitas mitra yang tergabung dalam TPI," kata Neneng.

Selain itu, mitra pengemudi anggota TPI juga tetap akan mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, asuransi jiwa serta program beasiswa bagi putra-putri mereka yang masih berjalan.

Baca Juga: Honda Civic Type R Limited Edition, Lebih Fokus Ke Sirkuit

Neneng menambahkan bahwa berbagai Inisiatif tersebut merupakan bagian dari komitmen Grab untuk melindungi kesejahteraan para mitra pengemudinya.

Saat ini, Grab juga membantu Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), untuk mendata debitur leasing yang merupakan mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar.