POPULAR STORIES

Serba-serbi Sokbreker & Per Aftermarket MPV

Serba-serbi Sokbreker & Per Aftermarket MPV sokbreker & per aftermarket bikin tampilan makin kece (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Kendaraan jenis MPV juga bisa dibikin kece dan tetap nyaman loh, salah satunya dengan aplikasi sokbreker & per aftermarket.

"Selain lebih terjangkau dari segi harga ketimbang OEM, pilihannya pun lebih banyak. Contohnya saja merek Showa atau Tokico dengan kisaran harga Rp 2 juta untuk sepasang depan-belakang, yang sering dipilih oleh pengguna Toyota Kijang Innova,” terang Herry Liu, pemilik bengkel Bandar Per di bilangan Cikokol, Tangerang.

Ia pun menambahkan, bahwa keuntungan menggunakan peredam kejut aftermarket lainnya adalah sebagai alternatif selain merek OEM, yang cenderung lebih mudah dan menguntungkan dari segi klaim serta garansi.

Misalnya merek Tokico dengan garansi 20.000 km atau satu tahun, dimana merek Kayaba jenis Premium dan Ultra yang notabene berada di bawah naungan Astra Otoparts, hanya memberikan garansi 3 bulan.

Baca Juga: Innova Community Menggelar Kegiatan di Berbagai Daerah

Untuk varian per, Herry merekomendasikan beberapa merek lokal yang menurutnya memiliki kualitas baik serta telah teruji. “Biasanya yang doyan ceperin mobil, familiar dengan 3 cara ini, yaitu potong per, custom dengan cara ‘kanibal’ per mobil lain dan aplikasi lowering kit. Saya pribadi lebih menyarankan cara nomor 2 dan 3 untuk kenyamanan dan keamanan berkendara, namun tetap bisa gaya,” ujar pria yang doyan nge-gym ini.

Pilihan per lokal berkualitas yang dimaksud adalah merek APM, SHRC, serta SBM yang memiliki harga di kisaran Rp 1,5-1,7 juta untuk mobil seperti Toyota Kijang Innova. Nah, kalau masih ragu dengan merek lokal, pria berlengan kekar ini juga punya alternatif merek impor seperti Eibach, Tanabe, H&R, atau Tein.

Ada harga, ada rupa, merek impor tersebut memiliki banderol 2 kali lipat dari harga per lokal yakni sekitar Rp 3,1 juta untuk mobil seperti Kijang Innova.