POPULAR STORIES

Seribu Lebih Kendaraan Dari Jawa Tengah, Berhasil Dicegah Ke Jakarta

Seribu Lebih Kendaraan dari Jawa Tengah, Berhasil Dicegah ke Jakarta Ilustrasi titik pemeriksaan (KO/Edo)

KabarOto.com - Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iskandar Fitriana Sutisna, mengatakan, personil gabungan TNI/Polri, serta Dinas Perhubungan, hingga Kamis (28/05), telah berhasil menghalau 1.085 kendaraan dari Jawa Tengah yang akan menuju ke Jakarta.

Seperti dikutip dari laman resmi Polri, ribuan kendaraan tersebut diminta untuk putar balik dan dilarang melanjutkan perjalanan, baik ke arah Jawa Barat maupun Jakarta.

Baca Juga: Cek Persiapan New Normal, Presiden Jokowi Naik Mobil Baru Ke Bekasi?

Penyekatan yang dilakukan oleh aparat di Jawa Tengah, saat ini memang lebih ketat. Setidaknya, ada 12 pos yang telah dibangun di Jawa Tengah guna mencegah pergerakan kendaraan yang dilarang.

"Penyekatan arus balik terhitung dari lebaran H+2 hingga H+5 sekarang ini, dari 12 titik penyekatan paling banyak dilakukan adalah di Pos Tol Kalikangkung Semarang," ujar Iskandar.

Dihalau untuk ke Jakarta dan Jawa Barat

Lebih lanjut ia mengatakan, dari jumlah 1.085 kendaraan yang sudah diputarbalikkan arah kembali menuju Semarang, sebanyak 624 kendaraan berasal dari Pos Tol Kalikangkung.

Di Pos Tol Kalikangkung sendiri pemeriksaan dilakukan ekstra ketat di dua jalur, di mana lajur sebelah kiri untuk kendaraan truk pengangkut barang-barang seperti sembako, alat kesehatan dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Mewah Dengan Harga Paling Mahal Di Dunia

Sedangkan untuk kendaraan pribadi, diarahkan melewati jalur di sebelah kanan. Begitu didapati kendaraan pelat nomor luar kota, terutama yang menuju Jawa Barat dan Jakarta, langsung diminta putar balik.

"Kendaraan-kendraan plat H dari Semarang atau dari Jateng yang menuju Jawa Barat atau Jakarta kita lakukan pemeriksaan ketat. Keperluannya apa, tujuannya kemana, apakah syarat-syaratnya sudah dipenuhi, kalau tidak memenuhi syarat kita minta putar balik kembali ke Semarang atau Jawa Tengah," pungkasnya.