POPULAR STORIES

Sering Diabaikan, Begini Cara Perlakukan Standar Tengah Sepeda Motor

Sering Diabaikan, Begini Cara Perlakukan Standar Tengah Sepeda Motor Sebuah motor matik terparkir dengan standar tengah (Foto-foto: Kipli)

KabarOto.com - Standar tengah motor memiliki sejumlah fungsi, salah satunya mendirikan motor dengan posisi lurus, saat parkir. Namun, keberadaannya sering diabaikan, pemilik motor harus tahu cara memperlakukan standar tengah ini, agar kondisinya tetap terjaga. Senior Manager Aftersales PT Thamrin Brothers menjelaskan fungsi dan perawatan standar tengah motor.

1. Pelumasan

Motor yang selalu dipakai setiap hari, terutama saat melewati kondisi jalan yang basah dan kering, wajib untuk merawat standar tengah.

As standar tengah merupakan bagian rentan berkarat, jika itu terjadi, berkerak atau bengkok, maka yang terjadi as susah dilepas, dan harus dibawa ke bengkel bubut.

Menghindari hal tersebut, disarankan apabila motor terkena air hujan atau debu, bilas menggunakan air bersih, bertekanan atau dengan cara di lap. Setelah itu, bisa melakukan penyemprotan dengan pelumas khusus.

Baca Juga: Market Test Yamaha E01 Merambah Ke Kota Medan

2. Cek bantalan karet

Jika diperhatikan terdapat bantalan karet yang tidak terlalu besar, di bagian standar tengah sepeda motor. Fungsi dari part tersebut, meredam benturan antara standar tengah dan rangka sepeda motor.

Merawat atau memperpanjang umur standar tengah, sebaiknya jangan lupa cek bantalan karet setiap melewati jalanan jelek.

Baca Juga: Warna Baru Yamaha Fazzio Hybrid - Connected Dibanderol Mulai Rp22,5 Jutaan

3. Perhatikan cara berkendara

Cara berkendara juga harus diperhatikan. "Misal ngebut di jalan rusak atau polisi tidur, akan membahayakan pengguna jalan lain, dan dapat merusak komponen sepeda motor, termasuk standar tengah," tambahnya.