POPULAR STORIES

Sering Digoda Pengunjung Pameran, Berapa Bayaran Usher GIIAS 2021?

Sering Digoda Pengunjung Pameran, Berapa Bayaran Usher GIIAS 2021? Usher menjadi pemanis di booth APM selama GIIAS 2021

KabarOto.com - Selain menampilkan mobil dan motor dengan teknologi terkini, GIIAS 2021 juga menghadirkan usher. Wanita-wanita cantik yang tugasnya sebagai penjaga booth peserta pameran ini, harus tampil manis, terlihat cantik dan kuat.

Kuat yang dimaksud adalah, ia harus berdiri beberapa jam menggunakan pakaian yang menarik. Tentu membutuhkan tenaga dan stamina yang selalu prima. Lalu berapakah gaji seorang usher dan pengalaman apa saja yang mereka rasakan selama pameran?

Baca Juga: Adinda, SPG Lexus Yang Sukses Meraih Penghargaan Miss Auto Show 2019

Frisca salah satunya. Mahasiswa sebuah kampus swasta di Tangerang ini mengaku sudah menjadi usher sejak tahun 2017. Selama GIIAS, ia menjaga booth Daihatsu selama 4 sampai 5 jam. "Dalam satu hari biasanya 10 jam, ada dua shift, jadi sekitar 4 sampai 5 jam," terang dia, di both Daihatsu, Sabtu (21/11/2021).

Frisca, Usher Daihatsu

Dalam satu hari, dia dibayar sebesar Rp1 jutaan. Sehingga kalau ditotal, menurut Frisca selama 11 hari pameran mendapatkan uang bersih Rp 12 jutaan. Namun, di balik banyaknya uang yang dihasilkan, dia harus melalui beberapa tes yang dilakukan oleh agency.

"Agency sebarin broadcast untuk usher, kemudian ada 300 orang mendaftar, disaring hanya 12 orang," terang gadis berusia 24 tahun ini. Setelah lolos, ia pun harus menjalani serangkaian workshop, untuk mendapatkan pengetahuan tentang mobil dan juga bagaimana berkomunikasi dengan orang yang baik dan benar.

Tak jauh berbeda dengan Rini, Usher booth Wuling yang berada di booth selama 9 jam. Namun Rini mendapatkan penghasilan cukup besar, Rp 1,4 juta per hari. Dalam 11 hari pameran, ia bisa mendapatkan penghasilan Rp 15 jutaan.

Rini, Usher Wuling

Namun di balik senyum manis dan ramahnya, beberapa kali ia kerap digoda oleh pengunjung sampai meminta nomor telepon. "Banyak yang minta nomor juga, terus digodain om-om. Kalau minta nomor berfikir positif aja, mungkin mau kerjasama next-nya," curhat Rini.

Dia juga bercerita tentang kondisi kesehatannya yang selalu fit, meski berada di ruang ber-AC menggunakan pakaian tanpa lengan, dengan rok pendek. "Kalau masuk angin atau sakit engga, karena kita disediain penginapan, makanan, vitamin, obat-obatan komplit," tambahnya.

Apa yang dialami Erika, usher Nissan patut diacungi jempol. meski sering digoda dan digenitin oleh pengunjung yang iseng, namun ia selalu berusaha baik dan tersenyum manis menghadapi situasi seperti itu.

Usher Nissan

Erika pun sebelum menjadi usher Nissan, selalu menjelaskan pertanyaan konsumen, tentang mesin dan spesifikasi mobil. "Apalagi banyak mobil listrik, jadi kita mesti tahu basic-nya," tuturnya.

Baca Juga: Curhatan Para SPG Cantik Yang Hiasi Pameran GIIAS 2019

Dalam satu hari, Erika mendapatkan bayaran di atas Rp 1 juta, dengan jam kerja maksimal 6 jam. "Di atas satu jutaan ya mas, enam jam pekerjaan," terang wanita yang juga sebagai karyawati perusahaan swasta ini.