Serunya Simulasi Resque Kecelakaan Oleh Tim IOF: Prioritaskan Ambulan Di Jalan

Serunya Simulasi Resque Kecelakaan Oleh Tim IOF:  Prioritaskan Ambulan di Jalan Ambulan IOF (KO/Edo)

KabarOto.com - Tidak hanya menyajikan pameran mobil dan motor baru, Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 juga memiliki serangkaian kegiatan menarik, khsususnya di lokasi out door.

Salah satu booth yang menyediakan beragam kegiatan menarik adalah booth milik Indonesia Off-road Federation atau yang biasa disingkat IOF. Tunggul Birawa selaku Humas PP IOF mengatakan, dengan ikut sertanya IOF di ajang Telkomsel IIMS 2019, sekaligus juga mendekatkan kegiatan Off-road kepada masyarakat.

Baca juga: Banyak Yang Seru-seru Di Booth IOF Telkomsel IIMS 2019, Ada Perpanjangan SIM Dan STNK Juga Lho!

"Kita juga erat dengan kegiatan resque, saat ini teman-teman dari IOF akan memperagakan cara simulasi pertolongan bencana atau kecelakaan," ucap Tunggul saat ditemui KabarOto di saat peragaan simulasi.

Pengemudi tak sadarkan diri setelah membentur setir

Saat simulasi dilakukan, mengambil skenario sebuah mobil sedang mengalami kecelakaan. Sang supir terlihat tidak sadarkan diri, dengan posisi kepala menyentuh roda kemudi.

Dengan sigap, tim resque IOF langsung memasang garis pembatas agar lokasi kecelakaan menjadi steril dari kerumunan orang, dan dilanjutkan melakukan stabilisasi kendaraan agar tidak bergerak secara tiba-tiba ketika tim melakukan evakuasi.

Menganjal roda agar mobil stabil

Selanjutnya, tim resque memasang selang oksigen dan pengaman leher pada korban agar tidak menimbulkan cedera lebih parah. Tak lama satu unit ambulan pun datang.

Korba segera dibawa ke rumah sakit terdekat

"Ini sekaligus merupakan edukasi etika kepada para pengunjung, agar saat bertemu ambulan di jalan harus memberikan prioritas jalan," ujar salah seorang tim IOF saat ditemui KabarOto.

Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo mengatakan, "IOF bukan sekadar olah raga off road, melainkan ada sayap yang punya misi kemanusiaan termasuk resque. kalau kita lihat sejarah bencana alam di Indonesia, seperti tsunami Aceh 204, dan banjir di gedung UOB, tim IOF yang berhasil masuk pertama kali.

Penanganan pertama oleh tim IOF

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Ko Hen tersebut mengatakan, bahwa tim resque IOF memiliki keterampilan yang sangat mumpuni.

Baca juga: Foto SPG Yang Menghiasi Telkomsel IIMS 2019

"Dilatih dengan tenaga profesional dari Basarnas, BNPB, dan TNI untuk melakukan penanganan bencana. karena penanganan korban tidak bisa sembarangan, dan harus profesional karena menyangkut nyawa".

IOF sendiri sudah hadir di IIMS sejak 5 tahun lalu, "Yang luar biasa, pesertanya bukan hanya dari Jakarta, namun juga dari luar Jakarta, serta berbagai kalangan. Saya ucapkan terima kasih bagi semua," sapa Ko Hen.