Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Mobil Listrik Wuling E100 Dan E200

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Mobil Listrik Wuling E100 dan E200 Wuling E200 yang hadir di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

KabarOto.com - Wuling memperkenalkan dua mobil listriknya yaitu E100 dan E200 di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) berlangsung di Balai Kartini, Jakarta. Keduanya secara visual sangat mirip, spesifikasinya pun sama. Namun ternyata ada perbedaan dari keduanya, yaitu pada bagian eksterior dan juga interior.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menjelaskan perbedaan keduanya. "Perbedaan keduanya lebih pada kenyamanan berkendara, seperti tingkat getaran dan kebisingan sudah berkurang pada E200.

Baca Juga: Wuling Perkenalkan Dua Mobil Listrik Di Indonesia

Wuling E100 mirip Smart Fortwo

Wuling melakukan improvement pada bagian interior dan eksterior, power train tidak ada perubahan berarti, tapi Noise, Vibration, and Harshness (NVH) sudah dikurangi. "Jadi lebih senyap dan minim getaran, friksi lebih kecil. Ini demi kenyamanan penumpang," jelasnya. Dia juga menyeburkan bagian headlamp E200 sudah menggunakan LED projector, sementara E100 belum.

Wuling E200 juga sudah mengaplikasikan fitur Intelligent Auto Driving atau mencari parkir sendiri dengan aplikasi, mobil ini juga akan menghampiri pemiliknya dengan menggunakan aplikasi. "Fitur ini tidak ada pada E100," tambah Danang.

Interior Wuling E200.

Fitur ini dicontohkan Danang, misalnya ada slot kosong, akan mencari parkir sendiri, dan ketika sudah sampai di tempat parkir, dia otomatis mati. "Misalnya saya pemiliknya, saya mau ambil mobilnya di lobi, mobil nyamperin sendiri ke lobi tempat saya menunggu," tambah Danang.

Fitur tersebut di Cina sebagai negara asal mobil ini, hanya berada di lokasi-lokasi tertentu, yang infrastruktrnya juga sudah terintegrasi dengan mobil.

Persamaan E100 dan E200, menggunakan pelek 12” namun E200 sudah dipasangkan pelek Alloy, sedangkan E100 belum. E200 lampu depannya juga beda desain, sudah LED.

Interiro Wuling E100.

Mobil 2 penumpang ini eksteriornya dirancang dengan sentuhan elemen geometri yang menonjolkan karakter modern dan futuristik.

Pada bagian kabin, mengusung bentuk dashbor modern, dilengkapi dengan 11 kompartemen penyimpanan, mulai dari bagian pintu, konsol tengah, sampai tempat penyimpanan tersembunyi di bawah bangku penumpang. Sementara E100 hanya punya 10 titik penyimpanan.

"Secara keseluruhan spesifikasi tidak ada perubahan, hanya improvement di beberapa bagian. E200 punya panjang 2,5 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 1,6 meter, sama seperti E100, katanya.

E200 memiliki panjang 2,5 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 1,6 meter, sama seperti E100

Wuling E100 dan E200 didukung motor listrik dengan baterai lithium yang menghasilkan daya maksimal sebesar 38,8 dk dengan torsi sebesar 110 Nm. Saat kondisi baterai penuh, Wuling E200 mampu menempuh jarak jelajah hingga 250 km dan sanggup dipacu hingga 100 km/jam.

Kesamaan fitur modern yang dibekali pada mobil ini adalah keyless entry, start stop button, electric parking brake (EPB), konektivitas Bluetooth dan WiFi. Mobil ini juga memiliki tiga mode berkendara yaitu Eco, Normal, dan Sport.

Untuk menghadirkan hiburan bagi pengguna, mobil listrik imut tersebut dilengkapi dengan fitur hiburan melalui koneksi Bluetooth, USB, hingga radio.

Baca Juga: Sambangi Palembang, Wuling Experience Weekend Umumkan Harga OTR Wuling Almaz Terbaru

Kedua lini produk mobil listrik ini didukung fitur keselamatan mulai dari Electronic Stability Control (ESC), Rear Parking Sensor, Parking Camera, ISOFIX, SRS Airbag, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga sistem deselerasi ABS dan EBD.