Sete Gibernau Menilai, Marc Marquez Layak Mendapat Predikat GOAT

Sete Gibernau Menilai, Marc Marquez Layak Mendapat Predikat GOAT Marc Marquez (Foto: Motogp)

KabarOto.com - Mantan pembalap MotoGP, Sete Gibernau menilai, Marc Marquez layak mendapat predikat Greatest off All Time (GOAT) di MotoGP.

Menurut rider yang pernah bersaing dengan Valentino Rossi ini, tidak ragu menyebut Marquez sebagai pembalap terbaik di dunia. Sebab, Marquez telah memenangkan GP 125 (2010), Moto2 (2012), MotoGP (2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019) pada usia 29 tahun.

Pmbalap asal Spanyol itu, juga mendapatkan gelar juara kelima pada usia 25 tahun, lebih muda satu tahun dari Rossi. Mencatatkan sebanyak 420 poin, menjadi rekor terbanyak dalam satu musim balapan.

Baca juga : Daftar Pembalap MotoGP 2023, Augusto Fernandez Jadi Rookie

Marc Marquez mendapatkan gelar juara dunia kelima pada usia 25 tahun

Secara keseluruhan, Marquez sudah meraih 8 gelar juara dunia, berjarak satu gelar dengan Rossi. Keduanya telah meraih 6 gelar juara dunia di kelas premier. Oleh sebab itu, Gibernau masih mantap memilih Marquez sebagai pembalap terhebat sepanjang sejarah.

"Jika saya harus memilih sebuah nam,a saya masih akan menjawab Marquez. Dari sudut pandang saya, dia itu seorang pahlawan, rider terhebat dalam sejarah" kata Gibernau, dilansir dari La Gazzetta dello Sport.

Selain itu, Gibernau penasaran dengan langkah Marquez di masa depan. Sebab kakak dari Alex Marquez tersebut belum fit 100 persen, apalagi Honda RC213V juga kerap dikeluhkan kurang kompetitif bersaing dengan motor superior Ducati.

Baca juga : Pensiun Dari MotoGP, Andrea Dovizioso Membeli Trek Motocross

"Saya penasaran melihat bagaimana dia akan menghadapi musuh barunya, yaitu aspek psikologis, kemampuan mengelola kesulitan," jelas Gibernau.

Menurutnya Marquez dalam momen yang belum pernah terjadi pada dia sebelumnya. Tidak pernah berada di dalam posisi seperti ini. Dia akan harus mengatasi pikiran-pikiran, yang akan membuat dia beraksi berbeda daripada biasanya.

"Jika segalanya berjalan baik, hal barunya adalah adanya Marquez di puncak dari awal kejuaraan dunia sekalipun hal itu akan sangat bergantung pada Honda," pungkas Gibernau.