Setelah Ganjil Genap, Jalur Puncak Akan Diberlakukan Pembatasan 4 In 1

Setelah Ganjil Genap, Jalur Puncak akan Diberlakukan Pembatasan 4 In 1 Menuju jalur puncak akan diberlakukan 4 in 1 (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Puncak menjadi destinasi wisata masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk melepas penat bersama keluarga. Tak jarang, saat akhir pekan, jalur puncak macet hingga puluhan kilometer.

Pemerintah Kabupaten Bogor sudah menerapkan sistem ganjil genap saat akhir pekan guna mengurangi antrian kendaraan. Bahkan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengkasi untuk memberlakukan pembatasan penumpang 4 in 1.

Baca Juga: Aturan Ganjil Genap Di Jalur Puncak Akan Dibuat Permanen

Sehingga, jalur uncak akan menerapkan aturan dua lapis, ganjil genap dan pembatasan penumpang. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, belum lama ini mengatakan, pemberlakuan ganjil genap masih menunjukkan kemacetan, sehingga perlu dikaji pembatasan penumpang maksimal kendaraan roda empat seperti "4 in 1".

Kemacetan di jalur PUncak, Bogor (Foto: Istimewa)

"Kalau ganjil genap dilakukan, volume atau kapasitas kendaraan masih tinggi, penggunaan jalan masih terganggu juga, kami akan gunakan layer kedua," terang Budi, belum lama ini.

Dia mengatakan, layer satu penerapan ganjil genap di kawasan aglomerasi Puncak, namun ketika volume kendaraan belum terkendali, maka layer dua yakni "4 in 1" akan diberlakukan.

Pada pekan ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, termasuk Polres Bogor, Polresta Bogor, Polres Cianjur, Polres Sukabumi, Polres Sukabumi Kota bersama Polda Jabar.

Selain itu, juga Bupati Bogor Ade Yasin akan serta melibatkan unsur masyarakat Bogor. Sambil melakukan pengembangan regulasi tersebut, penerapan ganjil genap bisa tetap dilaksanakan jika diperlukan.

Baca Juga: Jalur Puncak Akan Diberlakukan Ganjil Genap Saat Akhir Pekan

Penerapan ganjil genap menurut Budi pada pekan pertama terkendala sosialisasi, masih banyak masyarakat yang menunggu di gerbang tol untuk melihat waktu kosong pemeriksaan. Banyak juga yang mencari jalan alternatif untuk melewati ganjil genap.