POPULAR STORIES

Setelah Indonesia, Nissan Tutup Pabriknya Di Filipina

Setelah Indonesia, Nissan Tutup Pabriknya di Filipina

KabarOto.com – Setelah menutup pabriknya di Indonesia, Nissan Motor Company Ltd., dikabarkan akan menutup lagi fasilitas produksinya, kali ini di Filipina.

Penutupan pabrik Nissan di Filipina menjadi yang kedua untuk wilayah Asia Tenggara. Terkait masalah ini, Nissan Motor Filipina telah menginformasikan kepada Pemerintah Filipina, dan akan menghentikan operasional pabriknya di Sta. Rosa, Laguna mulai Maret 2021.

Baca Juga : Review Mobil Bekas: Mewah Dan Elegannya Nissan Serena HWS CVT

Nissan Almera

Sekretaris Perdagangan, Ramon Lopez sangat menyesalkan penutupan pabrik Nissan di Filipina. Menurutnya, masalah ini akan menyebabkan 133 orang akan kehilangan pekerjaannya.

“Kejadian ini sangat disesalkan. Berhentinya operasional pabrik Nissan di Filipina menunjukkan situasi kritis industri kendaraan bermotor lokal,” ucap Ramon Lopez.

Meskipun menutup pabriknya di Filipina, Nissan tetap akan beroperasi dengan mendistribusikan produk dan menjalankan pelayanan aftersales di Filipina. Nissan sendiri memindahkan basis produksi di wilayah ASEAN ke Thailand.

Baca Juga : Nissan Angkat 800 Pekerja Kontrak Jadi Karyawan Tetap

Hal tersebut merupakan langkah untuk menyelamatkan bisnis perusahaan yang menderita kerugian. Selain itu, keputusan tersebut menjadi bagian dari strategi bisnis jangka panjang perusahaan hingga akhir tahun fiskal 2023.

Sebagai informasi, pabrik Nissan di Sta. Rosa, Laguna menjadi tempat produksi sedan Almera yang terjual rata-rata 4.500 unit setiap bulan.

Sebelum Nissan, Isuzu dan Honda juga sudah menutup pabrik perakitannya di Filipina dalam kurun waktu 3 tahun.