POPULAR STORIES

Setelah Ke Mekah Naik Yamaha NMax, Lilik Gunawan Touring Ke Timor Leste

Setelah ke Mekah Naik Yamaha NMax, Lilik Gunawan Touring ke Timor Leste

KabarOto.com - Sejak tanggal 28 Oktober 2020 dari Tanah Air, Lilik Gunawan bersama Balda putranya yang berusia 5 (lima) tahun berhasil menyelesaikan misi bertajuk 'Ride to East' dalam rangka mengumpulkan surat cinta untuk ibu dari Presiden Pertama Republik Demokratik Timor Leste, (RDTL) Xanana Gusmao, sebagai bahan penulisan buku yang sedang dibuatnya.

Ini menjadi touring jarak jauh antar negara ke-2 yang dilakoni mereka setelah sebelumnya sukses menyambangi kota suci Mekah di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah Umrah.

Baca Juga: Yamaha Gelar Riding Malam Pakai New Aerox 155 Connected Di Palembang

Menggeber All New NMAX 155 Connected/ABS, Lilik dan Balda berhasil memasuki wilayah Timor Leste pada 18 Desember 2020. Kemudian berjumpa dengan Xanana di Ibu Kota Dili pada Sabtu, 9 Januari 2021 ditemani para komunitas Biker lokal.

Hal ini otomatis membuat motor yang ia tunggangi menjadi All New NMAX 155 pertama dan satu satunya yang mengaspal di negara tersebut.

“Jadi total 50 hari perjalanan dari Bangko Merangin, Jambi hingga wilayah perbatasan Batugade, Timor Leste,” terang Lilik.

Baca Juga: Nih, Harga Aksesori Modifikasi Resmi Yamaha XSR 155 Jadi Tracker Atau Cafe Racer

Total perjalanan yang ditempuh dari Indonesia menuju Timor Leste oleh Lilik dan Balda mencapai 5.021 km. Melewati 12 provinsi (Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB), 7 pulau (Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Timor) dan 2 negara (Indonesia, RDTL) selama kurang lebih 50 hari perjalanan.

Lilik mengaku tidak mengalami kendala yang berarti selama perjalanan. “Tidak ada kendala yang berarti, hanya cuaca yang cukup ekstrem di beberapa wilayah. Selama perjalnaan ribuan kilometer tidak ada servis part yang signifikan, hanya ganti oli dan kampas rem, itu pun ketika memasuki wilayah Timur Indonesia di Atambua,” tutupnya.