POPULAR STORIES

Shoei X-15 Hadir Untuk Pecinta Balap Di Indonesia, Simak Keunggulannya

Shoei X-15 Hadir untuk Pecinta Balap di Indonesia, Simak Keunggulannya Shoei X-15 helm untuk pecinta balap (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Shoei X-15 hadir untuk pecinta balap di Indonesia. Sebelum melihat harganya, simak dulu yuk keunggulannya. Helm ini pengembangan desainnya melalui serangkaian penelitin di lorong angin. Pabrikan asal Jepang ini ingin buktikan bahwa produknya masih nyaman digunakan, senyap saat berada di kecepatan hingga 350 kpj.

Downforce-nya meningkat sampai -1,6 persen dari versi sebelumnya. Sisi keamanan lain juga diperbarui, sehingga dapat mengurangi terjadinya helm tertarik sebesar 6,1%.

Baca Juga: Shoei Luncurkan Z8 Edisi Marc Marquez American Spirit

Downforce-nya meningkat sampai -1,6 persen dari versi sebelumnya

General Manager PT Prakarsa Abadi Sentosa (PAS) Distributor Nolan Group, Avant Tjen berharap, Shoei X-15 bisa diterima di pasar Indonesia. "Teknologi ventilasinya jadi salah satu keunggulan, bobot ringan hanya 1 kg bahkan juga untuk teknologi aliran udara yang melewati area helm ini," terangnya kepada media.

Helm ini menurutnya sudah mulai didistribusikan sejak April 2023 lalu ke semua reseller Nolan seluruh Indonesia. Di tempat yang sama, Boy Septa selaku Manager PT Prakarsa Bangun Sarana (PBS) Distributor Shoei di Indonesia menyatakan, bentuk helm yang menyempit dari palang dagu hingga ke belakang membuat tingkat keselamatan pengguna terjamin.

"Melalui ubahan ini, meningkatkan efek baik secara signifikan. Penstabil belakang menarik aliran udara ke ruang seperti terowongan yang dibuat di kiri dan kanan cangkang helm," tambahnya. Aliran udara kemudian diarahkan ke belakang, mengendalikan arahnya dan meningkatkan stabilitas.

Saluran udara diklaim lebih baik di bagian dalam helm lebih dari 1,5 kali dan dengan menyediakan lubang outlet di terowongan stabilizer belakang. Saat mempertimbangkan desain untuk X-15, Shoei membuat model dari tanah liat dan mengukurnya dengan pemindai 3D.

Shoei X-15 dilengkapi visor CWR-F2R, memiliki sistem kunci tengah yang meningkatkan kontak visor dengan karet jendela, untuk mencegah masuknya angin dan hujan. Penglihatan jadi sangat jelas, dengan menempatkan pin untuk lembaran anti kabut, didukung tombol pelapis sobek (tear-off), di luar bidang penglihatan.

Posisi atas visor ketika digunakan untuk balapan atau berada di kecepatan tinggi naik 5 mm. Sebagai pelindung, Shoei X-15 dilengkapi penguncian tengah dan balap.

Shoei X-15 dilengkapi visor CWR-F2R, memiliki sistem kunci tengah

Baca Juga: Shoei GT-Air II MM93 Edisi Terbatas Meluncur Awal Tahun Depan

Dua penguncian ini, mengurangi resiko lepasnya pelindung secara tidak sengaja saat terjatuh. Dilengkapi pengunci baru, terdapat tuas yang digunakan saat memasang dan melepas pelindung.

Shoei X-15 menggunakan kombinasi material hibrida di permukaan interiornya, bahan sangat menyerap kelembapan dan cepat kering di area keringat menumpuk.

Terdapat juga sistem Rilis Cepat Darurat (E.Q.R.S.) menyediakan pita khusus di bantalan pipi. Caranya, cukup menarik pita sehingga helm akan terlepas dengan mudah. Ini digunakan dalam keadaan darurat. Shoei X-15 hadir dalam tiga varian, mulai dari Rp 11.600.000, Rp 13.900.000, dan replika Mark Marquez Rp 14.400.000.