Siapa Pemegang Rekor Lap Terbanyak Formula 1?

Siapa Pemegang Rekor Lap Terbanyak Formula 1? Dok : @fernandoalo_oficial

KabarOto.com – Setiap pembalap Formula 1 pastinya sudah melewati ratusan bahkan ribuan kali putaran dalam karirnya. Namun siapa pemegang rekor lap terbanyak di F1 sampai sejauh ini?

Jawabannya adalah Fernando Alonso yang kini memperkuat Alpine. Pembalap Spanyol yang baru merayakan ulang tahun ke 41 pada 29 July kemarin, telah melakukan sebanyak 18.672 lap selama karirnya di ajang jet darat itu.

Rekor tersebut masih belum terpecahkan, bahkan oleh Kimi Raikkonen yang pensiun musim kemarin dengan 18.621 lap. Serta Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas), walau masih aktif namun terpaut cukup jauh yakni 17.146 lap.

Baca Juga : Sebastian Vettel Pensiun Akhir Musim 2022

Pemegang gelar juara dunia dua kali pada 2005 dan 2006 itu melakukan debut pertama kali saat Grand Prix Australia 2001 bersama Minardi. Berlanjut hingga tahun 2018 dan memutuskan pensiun ketika membela McLaren.

Namun setelah istirahat dua tahun Alonso kembali bersama Alpine, dan secara mengejutkan masih mampu bersaing dengan pembalap muda. Bahkan sempat mendapat podium di Qatar, dan menyelesaikan musim 2021 di urutan 10 klasemen pembalap mengumpulkan 81 poin.

Baca Juga : Jadwal F1 Hongaria 2022, Balapan Terakhir Sebelum Libur Musim Panas

Sekarang di musim keduanya bersama Alpine, Alonso juga masih menunjukkan penampilan konsisten dan kompetitif. Bahkan sejauh ini ia telah mengumpulkan 37 poin dan berada di urutan 10 beaar pembalap.