POPULAR STORIES

Siapkan 4 Pospam Lebaran, Polres Sukoharjo Geser Pospam Ngasem Ke Sanggung

Siapkan 4 Pospam Lebaran, Polres Sukoharjo Geser Pospam Ngasem ke Sanggung Foto: Polda Jateng

KabarOto.com - Jelang arus mudik berbagai lapisan masyarakat berbondong untuk mempersiapkan kesiapannya. Mulai dari barang bawaan hingga kendaraan yang siap menerjang padatnya arus lalu lintas. Hal ini penting untuk dilakukan loh Sob, karena kebanyakan perjalanan mudik tidak memakan waktu yang sebentar.

Ditambah ketika mudik membawa keluarga besar, mengenali arus lalu lintas juga perlu untuk diketahui serta dipersiapkan loh. Misalnya untuk mengetahui titik rest area, spbu, dan sebagainya. Untuk itu Pemerintah telah memberikah himbauan-himbauan sejak beberapa waktu lalu terkait fasilitas sepanjang lalu lintas arus mudik.

Tak ketinggalan, Polres Sukoharjo juga mulai mempersiapkan diri untuk pengamanan Lebaran. Pengamanan Lebaran fokusnya akan di titik beratkan pada arus mudik dan arus balik. Sehingga untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik yang masuk ke wilayah Sukoharjo, Polres dan tim menyiapkan 4 pos Pengamanan.

Baca Juga: Jelang Mudik, Pertamina – BNI Maksimalkan Transaksi Cashless Di SPBU

Namun ada yang berbeda dari tahun 2019 ini. Pasalnya, Polres Sukoharjo mengadakan pergeseran pospam. Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan di Sukoharjo yang dikarenakan padatnya lalu lintas dari kendaraan lokal, di mana tercatat padatnya akibat kendaraan dari Yogyakarta dan Solo.

"Pergeseran tersebut dilakukan menindaklanjuti fenomena tahun lalu dimana dibombardir dengan kemacetan yang luar biasa di simpang tiga Kartasura," jelas Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi.

Sebelumnya, pospam ada di Ngasem, Kartasura, nantinya akan digeser ke Sanggung. Di mana lokasi ini adalah wilayah perbatasan dengan Klaten yang cukup padat ketika terjadinya arus mudik dan arus balik.

"Polres Sukoharjo sudah menyiapkan titik-titik yang akan dijadikan Pospam Lebaran, di mana didalam Pospam ini akan diisi petugas gabungan," lanjutnya.

Baca Juga: Kebijakan Satu Arah Di Tol Trans Jawa Diberlakukan, Perhatikan Tanggal Dan Rutenya

Melihat dari lalu lintas arus mudik tahun lalu, kemacetan yang terjadi justru didominasi kendaraan lokal. Yaitu dari Yogyakarta dan Solo, sehingga memerlukan upaya ekstra untuk mencairkan arus dan bahkan sampai dini hari dan pagi hari.

Nah, untuk lokasi terbaru Pospam Lebaran tersebar di beberapa daerah. Yaitu masing-masing berada di simpang lima Sukoharjo, Patung Pandawa Solo Baru, Eks Terminal Kartasura, dan di Perempatan Sanggung. Nah, Pospam Sanggung inilah yang merupakan pospam baru hasil pergeseran dari Pospam Ngasem, Kartasura.

Dengan adanya pergeseran Pospam yang dilakukan Polres Sukoharjo ini, diharapkan bisa membantu dan bermanfaat ketika arus mudik maupun Operasi Ketupat.