POPULAR STORIES

Simak 5 Tips Hilangkan Kejenuhan Ala Anak Otomotif

Simak 5 Tips Hilangkan Kejenuhan Ala Anak Otomotif

KabarOto.com - Mengantisipasi penyebaran pandemik Corona (Covid-19) saat ini pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan Social Distancing atau menjaga jarak fisik minimal satu meter untuk menghindari tubuh dari paparan droplet, bahkan untuk mencegah penularan semakin meluas. Pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah di Indonesia melarang aktifitas berkendara lebih dari dua orang.

Tapi, ada beberapa kegiatan yang dapat menjadi opsi alternatif untuk mengisi waktu luang, simak nih contohnya.

Menonton Serial TV atau Konten Siaran Seputar Otomotif

Opsi pertama ini bisa dilakukan dengan mudah. Di era melimpahnya informasi dan mudahnya akses komunikasi saat ini, Sobat Kabaroto bisa menonton sejumlah konten modifikasi yang tersebar di beberapa platform digital dan jagat medsos. Seperti serial televisi West Coast Custom yang sudah tayang hingga musim ke-6.

Bengkel modifikasi milik Ryan Friedlinghaus ini banyak menghadirkan karya modifikasi menarik, cocok untuk referensi mengembangkan konsep modifikasi mobil yang terkesan out of the box. Bersama para punggawa bengkelnya, Ryan kerap mempersolek hampir seluruh jenis mobil dari mulai sedan, hatchback, MPV sampai Jip.

Selain itu, kalian juga bisa tonton channel youtube asal Inggris, Top Gear. Lebih banyak menghadirkan konten-konten menarik dari mulai review mobil. Beberapa kontennya pun ada yang tidak kalah menarik, misalnya balapan di sirkuit Top Gear sampai “Top Gear‘s Special Episode”. Uniknya konten spesial ini menampilkan kegiatan para pemandu acara berkeliling di suatu negara dengan tiga mobil bekas yang mereka beli. Acara ini dibawakan oleh Jeremy Clarkson, James May, Richard Hammond dan Stig, maskot andalan Top Gear.

Merawat Mobil Secara Berkala

Bagi petrolhead yang sudah mengendarai mobil sebelumnya, bisa melakukan perawatan mobil dengan membersihkan eksterior mobil. Bila debu atau kotoran dibiarkan terlalu lama menempel di bodi mobil, kotoran-kotoran tersebut bisa mengeras dan mengakibatkan cat bodi menjadi kusam. Sebelumnya pasanglah car cover mobil.

Bagian interior mobil juga patut diperhatikan tingkat kebersihannya. Gunakan lap atau penyedot debu untuk mengangkat kotoran yang ada dipermukaan dashboard, doortrim, maupun plafon mobil. Pastikan mencuci bersih bagian karpet mobil yang kerap menjadi tempat kotoran menempel.

Mobil tetap disarankan menyalakan mesin setidaknya 10 menit setiap hari agar alternator bisa mengecas baterai. Waktunya bisa lebih atau kurang tergantung kondisi.

Saat memanaskan mesin mobil, hindari menyalakan AC atau sistem hiburan untuk meminimalkan penarikan daya dari aki yang dapat mengurangi efektifitas proses pengisian baterai. Sesekali jalankan mobil untuk pengisian accu yang lebih maksimal. Juga dapat menjaga kondisi mesin tetap prima.

Baca Juga: Ini Galeri Ngabuburit 'Kelas Sore' Ala Komunitas Fitted Sunday

Mengunjungi Museum Virtual

Hollywoodreporter

Petersen Automotive Museum menambah konsep tur virtual untuk membuat para pengunjung tetap berkeliling melihat koleksi mobil unik dan eksentrik. Selama satu jam, pengunjung dapat mengakses sebanyak 250 mobil populer di masanya. Untuk menambah realistis layanan tersebut, museum yang berlokasi di Los Angeles ini membolehkan pengunjung meluhat bagian mobil secara detail hingga ke wilayah engine bay.

Caranya cukup mudah, pengunjung hanya perlu mengakses situs web Petersen Automotive Museum dengan memasukan nama dan alamat email, kemudian melakukan reservasi dengan memilih jenis dan tanggal tur. Setelah itu, museum akan mengirim tautan ke email calon pengunjung untuk mendapatkan hari dan waktu tertentu.

Kepala museum, Dana Williamson mengklaim akan menghadirkan pengalaman berbeda dari tur museum yang pernah ada. Selain disiarkan secara live, pengunjung juga dapat berkomentar dan mengajukan pertanyaan yang dapat dijawab oleh staf museum. Meksipun tidak dipungut biaya, pihak museum menyarankan kamu menyumbang untuk membantu mendukung kedua program yang mereka miliki. Sumbangan bisa sangat membantu menjaga koleksi dan mendukung staf museum. Biasanya, kamu harus membayar biaya masuk sekitar Rp 260 ribu untuk dapat mengunjungi langsung museum ini.

Bermain Game Balap

Bermain permainan bertema balap mobil memang mengasyikan, terutama bertema street racing yang dilengkapi dengan challenge berhadiah setiap hari. Selain bisa merasakan sensasi mengendarai mobil balap dengan performa tinggi, kalian juga dapat memodifikasi mobil tersebut sesuai selera.

Misalnya game street racing popuer Asphalt 9: Legends. Melanjutkan dari seri gim balapan mobil sebelumnya, Asphalt 9: Legends hadir dengan tampilan real racing ciamik. Kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan indah untuk tiap arena balap yang dipilih.

Game lain yang juga memiliki tema sejenis yaitu, Need for Speed No Limits. Para petrolhead atau gamers sekalipun mungkin tidak asing dengan salah satu game balap mobil terbaik ini. Dirilis dalam dua versi sekaligus, Android dan iOS untuk memuaskan hasrat pecinta game balapan mobil.

Electronic Arts selaku penerbit Need for Speed No Limits menawarkan pilihan mobil-mobil kelas dunia yang bisa dimainkan oleh penggunanya, seperti Ferrari, Lamborghini, Pagani, dan masih banyak lagi. Grafik yang dihadirkan pun tidak kalah menarik, terlebih karena tampilan arena sirkuitnya yang terlihat sangat nyata.

Secara gameplay, Need for Speed No Limits ini memungkinkan pemainnya untuk melakukan berbagai aksi menantang seperti melayang dan bahkan memukuli polisi sambil balapan untuk mencapai garis finish.

Berkeliling Kota Tanpa Keluar mobil

Opsi terakhir ini juga bisa dilakukan, apalagi sambil menghabiskan waktu luang selama berpuasa. Tren ini mulai digandrungi sejak pemberlakuan PSBB, sejumlah komunitas mobil juga melakukan hal serupa agar bisa kopdar dengan jejaring komunitas lainnya.

Seperti group yang berisikan mobil-mobil premium di Jakarta, Fitted Sunday. Mengisi kegiatan selama karantina wilayah sekarang ini, sejumlah car enthusiast menggelar program ‘Kelas Sore’ untuk menyiasati kegiatan kopdar yang tidak bisa dilakukan seperti biasanya.

Tanpa turun dari mobil, berkeliling, dan menjaga protokol Covid-19.