POPULAR STORIES

Simak Kelebihan Mesin Hino Common Rail Berstandar Euro4

Simak Kelebihan Mesin Hino Common Rail Berstandar Euro4 Posisi mesin Hino Dutro ada di belakang kepala truk (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Pada tahun 2022, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan line up kendaraan komersial dengan standar emisi Euro4. Di mana, Hino tetap mempertahankan DNA-nya, yakni Quality Durability Reliability (QDR).

langkah ini dilakukan untuk memenuhi regulasi Euro4. Jajaran produk yang mendapatkan standarisasi ini di antaranya light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus dengan mesin baru berteknologi common rail yang diklaim lebih tangguh, ekonomis dan ramah lingkungan.

Baca juga : PO Pandawa 87 Rilis Bus Baru, Gunakan Hino RM 280 Berbodi Skylander R22 SHD

Hino Dutro 300 Series dengan mesin common rail Euro4

Beberapa kelebihan mesin common rail Hino Euro 4 ini sudah dilengkapi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO), dan Hidrokarbon (HC). Selain itu, terdapat Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx, dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu.

Mesin Hino common rail Euro4 juga memiliki Variable Nozzle Turbo (VNT) untuk meningkatkan suplai udara ke ruang bakar untuk menghasilkan tenaga secara responsif, serta ECU generasi terbaru yang telah terintegrasi dengan EDU.

Dengan beragam teknologi di dalamnya diklaim membuat mesin common rail Hino memiliki emisi gas buang ramah lingkungan, efisiensi bahan bakar yang baik, dan menghasilkan suara mesin halus dan minim getaran.

Baca juga : PO Sumex 97 Rilis Bus Pariwisata Baru, Menggunakan Basis Hino R260

Mesin common rail Euro4 pada Hino Dutro 300 Series

“Untuk mencapai target emisi gas buang yang ditetapkan, sebaiknya menggunakan bahan bakar solar dengan minimal Cetane Number 51 dan kandungan sulfur maksimal 50ppm," ujar Masahiro Aso, Presiden Direktur PT Hino Motors Manufactruing Indonesia (HMMI).

Untuk mendukung kinerja mesin common rail Hino Euro4, jajaran kendaraan komersial Hino juga dibekali sasis yang kuat teruji di lapangan, gross vehicle weight (GVW) yang lebih optimal, sistem pengereman yang reponsif menggunakan full air brake dan ABS, hingga sistem bahan bakar dengan mekanisme 3 kali penyaringan bahan bakar dan injector dengan full Diamond Like Carbon (DLC) untuk meningkatkan ketahanan aus.