Simak Profil Truk Kamaz Yang Kerap Menangkan Balap Reli Dakar

Simak Profil Truk Kamaz yang Kerap Menangkan Balap Reli Dakar

KabarOto.com - Ajang reli Dakar memang tak usah diragukan lagi dalam hal tantangannya yang dahsyat, baik itu berbicara roda 2 maupun roda 4. Masing-masing memiliki tingkat kesulitannya sendiri-sendiri dalam menaklukkan tiap pos, sama seperti yang dilakukan truk Kamaz.

Truk asal Rusia tersebut bertarung di kelas T4.2 yang merupakan kategori truk dengan modifikasi. Kamaz dapat menyemburkan tenaga sebesar 1.150 dk dari mesinnya yang berkapasitas 13.000 cc dibantu turbocharger, artinya sama saja dengan tenaga yang dikeluarkan 10 city car secara bersamaan.

Baca Juga: Quick Check Ban Mobil Dan Motor Di Kamaz Station

Semua tentang truk ini memang besar, tengok saja bagian kaki-kaki yang memiliki bobot 150 kg hanya untuk satu buah rodanya. Bobot keseluruhan Kamaz sendiri adalah 9,5 ton namun disempurnakan dengan distribusi bobot 50:50 yang dibuat ideal.

Mesin 13.000 cc-nya berasal dari Dongfeng Cummins dengan tipe diesel dan konsumsi bahan bakar 200l/100 km, artinya truk ini meneguk bahan bakar 0,5 kpl ketika digeber habis.

Wow! Maka dari itu, tangki bahan bakar berkapasitas 1.000 liter diposisikan di bagian yang dapat mendukung terwujudnya distribusi bobot 50:50.

Membantu traksinya, mesin tersebut mengirimkan tenaga ke roda lewat layout gardan 4WD. Truk yang dipiloti Nikolaev ini sudah menjuarai kategori truk selama 3 tahun berturut-turut dengan total 16 kemenangan yang diklaim lebih banyak dari manufaktur manapun.