POPULAR STORIES

Simpel Banget, Rawat Rem Kendaraanmu Saat WFH

Simpel Banget, Rawat Rem Kendaraanmu Saat WFH Foto: Kipli

KabarOto.com - Work From Home (WFH) yang telah diterapkan pemerintah akibat semakin meluasnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 tak jadi alasan untuk tidak merawat kendaraan kesayangan.

Justru saat seperti ini merupakan momen yang pas untuk merawat kendaraan Sobat Kabaroto agar tetap prima ketika ingin dipakai untuk keperluan tertentu. Adalah hal yang lumrah jika motor dan mobil akan mengalami penurunan performa jika lama dibiarkan begitu saja.

Kali ini, Kabaroto bakal memberi tips untuk merawat sistem pengereman dari debu dan kotoran yang menempel pada kampas rem dan piringan rem cakram yang membuat sistem pengereman kurang lancar.

Pasalnya, jika tidak dibersihkan, sistem rem sedikit banyak pastinya bakal mengganggu kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Tak hanya itu, kotoran yang berasal dari jalanan juga berpotensi melekat pada sistem rem sehingga 'memakan' piringan rem hingga mengakibatkan karat.

Ada cara mudah dan tak perlu ilmu khusus agar kinerja rem kendaraan pribadi tetap prima meski jarang terpakai berminggu-minggu di dalam rumah. Pertama, membersihkannya cukup mudah, Sobat Kabaroto cukup beli pembersih rem cakram (brake cleaner).

Baca Juga: Upgrade Selang, Kaliper, Dan Cakram Besar Tak Menjamin Rem Pakem

Arief Hidayat, Pemerhati Otomotif sekaligus CEO PT Wealthy Group menerangkan bahwa, brake cleaner yang ada di pasaran itu biasanya hanya membersihkan bagian terlihat saja. "Kotoran dan debu yang mengganggu kenyamanan bahkan keselamatan itu berasal dari dalam kaliper," ucapnya dilansir dari MobilKomersial.

Beliau melanjutkan, brake cleaner yang bagus harus mengandung chemical yang bisa membersihkan dengan cepat dan menyeluruh ke bagian rem. "Brake Cleaner itu harusnya yang 'Non-Flammable, dalam artian selain bisa menghapus minyak, gemuk, oli rem, debu dan kotoran, tapi juga aman dan efektif serta menjaga dari penguapan," ungkap Arief.

Lebih jauh ia menjelaskan, pada kandungan 'Non-Flammable' lah yang menjaga diri kita dalam melakukan perawatan rem. Salah satu contohnya Brake Cleaner Wealthy yang memiliki kemasan ekstra 20% dari isinya 250 ml.

Brake Cleaner Wealthy diklaim bisa membersihkan dengan cepat, tuntas dan juga tentunya ramah terhadap lingkungan. Cara penggunaan Brake Cleaner Wealthy adalah hanya dengan menyemprotkan ke bagian piringan dan sela kaliper lalu diamkan beberapa saat.

Setelah disemprot, tinggal bilas atau siram dengan air sampai kotoran tersebut tersapu bersih. Lalu tahap akhirnya, sisa kotoran yang telah disemprot tadi juga dapat dilap dengan kain bersih. Simpel kan! Sobat Kabaroto pasti bisa mencobanya dirumah sendiri.