POPULAR STORIES

Simpel Tapi Disepelekan, Begini Cara Pasang Pelat Nomor Yang Benar

Simpel Tapi Disepelekan, Begini Cara Pasang Pelat Nomor yang Benar KabarOto/ YIMM

KabarOto.com - Pelat nomor wajib dimiliki kendaraan sebagai tanda identifikasi dan terpasang di bagian depan dan belakang kendaraan.

Pelat nomor di Indonesia lazimnya memiliki nomor seri yang terdiri dari huruf dan angka, serta memiliki kode berbeda untuk wilayah masing-masing.

Terlihat sederhana namun pemasangan pelat berperan penting dalam mendukung aktivitas berkendara. Karena itu, Sobat perlu memperhatikan beberapa poin mengenai pemasangannya.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Apparel Berbahan Kulit Asli

Wahidin selaku Senior Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers, memberikan beberapa tips memasang plat nomor motor.

1. Siapkan alat

Siapkan kunci pas atau kunci ring ukuran 10 sebanyak 2 buah, lalu tidak lupa persiapkan baut ring dan mur ukuran 10.

Jika dapat frame pelat dari diler atau membeli di toko, bisa melihat contoh panduan manualnya.

2. Perhatikan posisi pelat

Pelat dipasang pada dudukan pada motor dengan posisi center (tengah) antara kanan dan kiri. Atur juga posisi batas atas dan batas bawah untuk menghindari menutup lampu sein atau lampu depan motor.

3. Jangan sampai kendur

Saat memasang pelat motor, pastikan baut terpasang dengan kuat agar menghindari plat motor kendur, yang akan menimbulkan suara berisik dan berpotensi lepas di jalan.

Baca Juga: Bikers! Begini Cara Membedakan Apparel Kulit Asli Dan Sintetis

Bisa juga membuat bodi motor lecet karena bergesekan dengan pelat, bahkan jika plat copot bisa membahayakan pengendara lain.

4. Motor modifikasi

Untuk motor modifikasi, disarankan posisi pelat tetap terlihat dengan jelas, serta menggunakan bagian depan dan belakang.

Perhatikan faktor keamanan, jangan sampai posisi pemasangan pelat dapat mengganggu fungsi komponen motor, yang bisa membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Misalnya plat dipasang dengan bracket yang tajam, atau dekat dengan sepatbor, jadi jika menggunakan rem depan, plat akan berbenturan dengan sepatbor.