POPULAR STORIES

Sinergi BUMN Dan Swasta, Mempercepat Ekosistem Kendaraan Listrik Di Indonesia

Sinergi BUMN dan Swasta, Mempercepat Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia Presiden Jokowi hadir dalam peresmian kerjasama BUMN dan swasta (Foto: istimewa)

KabarOto.com – Dalam rangka mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi di Indonesia. Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama (TBS), bersama Pertamina, Gogoro, dan Gesits, bersinergi untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik terintegrasi dan terlengkap di Indonesia.

Kerjasama ini sejalan dengan misi Pemerintah Indonesia dalam G20 Summit, salah satunya terkait transisi energi yang berkelanjutan, termasuk percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir dalam peresmian tersebut menghargai keberanian perusahaan-perusahaan yang berkolaborasi untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dari hulu ke hilir.

Baca juga: Triumphr TE-1, Jadi Bakal Patokan Motor Listrik Performa Tinggi

“Pemerintah sangat serius untuk masuk pada energi baru terbarukan termasuk menuju pada kendaraan listrik. Kita harapkan sesuai dengan target kita di 2030 untuk emisi karbon berada di angka 29%, dan di 2060 masuk ke emisi nol atau net zero carbon,” ungkap Jokowi.

Menandai pengukuhan komitmen dan kolaborasi ini, Electrum, Pertamina, Gogoro, dan Gesits akan memperluas uji coba komersial penggunaan kendaraan listrik roda dua yang akan terus dikembangkan secara bertahap hingga ribuan unit di sepanjang tahun 2022.

Baca juga: Profil WMoto Neutron, Motor Listrik Seharga Rp18 Jutaan

Hasil uji coba akan dimanfaatkan antara lain sebagai landasan rencana bisnis Electrum. Perusahaan gabungan Gojek dan TBS ini sudah memiliki rencana membangun manufaktur motor listrik, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, dan pembiayaan untuk memiliki kendaraan listrik.

Electrum akan bertindak sebagai integrator dan pengembang ekosistem kendaraan listrik, dengan memanfaatkan kehadiran Gojek di Indonesia dan keahlian TBS di sektor energi. Sementara, Pertamina lewat Pertamina Patra Niaga akan menyediakan stasiun penukaran baterai motor listrik di berbagai SPBU yang tersebar di kawasan Jakarta Selatan.

Hal ini didukung oleh Gogoro sebagai penyedia inovasi teknologi penukaran baterai dan motor listrik, dan Gesits menyediakan motor listrik beserta infrastrukturnya.