Singapura Lakukan Pengujian Robot Penjaga Tempat Parkir Bernama Xavier

Singapura Lakukan Pengujian Robot Penjaga Tempat Parkir Bernama Xavier

KabarOto.com – Parkir kendaraan sembarangan cukup banyak ditemukan di Indonesia. Akbibatnya, lalu lintas menjadi terganggu sehingga terjadinya kemacetan.

Untuk mengatasi perilaku negatif seperti ini, Singapura dikabarkan tengah mengembangkan sebuah sistem baru untuk mencegah pengendara yang parkir sembarangan. Hebatnya, menggunakan sebuah robot. Canggih, yak Sob!

Baca juga: Tak Hanya Mobil, Hyundai Pamerkan Robot Pintar Di Indonesia

Menurut kabar, negara dengan julukan Negeri Singa ini telah memasuki tahap pengujian untuk penggunaan autonomous mobile robot atau polisi robot yang bernama Xavier. Robot ini memiliki peran untuk mengingatkan seluruh masyarakat agar lebih disiplin.

Robot Xavier memiliki kamera 360 derajat, dan akan melaporkan semua yang terjadi disekitarnya. Lalu, mengirimkan data secara real time ke pusat control untuk melaporkan apa yang terjadi, dan mencatat pelanggaran apa saja yang dilakukan oleh masyarakat di Singapura.

Baca juga: Bridgestone Gandeng Kodiak Robotics Ciptakan Truk Otonom

Dalam hal ini, pelanggaran yang seperti parkir sembarangan, merokok bukan ditempatnya, dan parkir sepeda bukan ditempatnya. Jika terbukti bersalah, maka robot Xavier akan melaporkan ke pusat data pemerintahan Singapura.

Untuk mendukung kinerjanya, robot Xavier didukung 5 lembaga pemerintahan di Singapura untuk melakukan pengujian, seperti HTX (Home Team Science and Technology Agency), National Environment Agency, Land Transport Authority, Singapore Food Agency, dan Housing & Development Board.

Pengujian robot Xavier sudah dilakukan pada 5 September lalu, dan akan dilakukan selama 3 minggu.

Berita Terkait

Berita Terkait